Penyebab dan Cara Mengatasi Pangkal Bunga Cabe Rontok Berguguran

Pangkal bunga cabe sering rontok dan bergurguran. Ini merupakan gejala bahwa tanaman cabe kekurangan unsur hara seperti Nitrogen, Kalium dan Kalsium. Namun yang pasti bahwa perlu penanganan untuk mengatasi efek buruk pada bunga cabe ini. Selain itu, gejala rontoknya tangkai bunga cabe juga disebabkan oleh kurangnya air di dalam tanah sehingga tanaman kurang terpenuhi akan kebutuhan air di dalam tubuhnya.

Silakan dilakukan pengecekan juga apakah terdapat hama dan penyakit yang serius pada tanaman cabe. Jika terdapat hama, hal ini tentu saja bisa menjadi pemicu rontoknya bunga cabe. Hama pemotong tangkai cabe dari jenis ulat grayak juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Cara mengatasi beberapa gejala di atas yaitu dengan menambahkan sejumlah pupuk yang mengandung unsur hara N, P, danĀ  K, serta pupuk yang mengandung unsur Kalsium dalam jumlah tinggi. Penggunaan pupuk NPK dan pupuk Kalsium telah terbukti membantu menangani gejala bunga pada cabe sering rontok.

Tanaman cabe bunganya rontok
Tanaman cabe bunganya rontok

Selain penambahan pupuk pada tanaman cabe, juga penting melakukan penyiraman secara rutin. Penyiraman dilakukan pada tanaman cabe yang hendak berbunga dan berbuah dalam intensitas yang cukup. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa tanaman mendapatkan cukup air untuk membantu menyuplai air pada organ bunga dan buahnya. Bahkan, kekurangan unsur hara Kalsium (Ca) dan Kalium (K) dapat membuat tanaman cabe menjadi rentan mengalami buah yang retak-retak, perkembangan daun, bunga, dan buah yang tidak bagus. Daunnya kurang hijau, nampak pucat. Jika terlihat pada bagian bunga sering rontok dan buahnya jarang akibat kekurangan unsur Ca dan K.

Jika gejala rontoknya bunga cabe akibat hama dan penyakit bisa melakukan spray/penyemprotan tanaman secara menyeluruh menggunakan insektisida untuk membunuh dalam waktu cepat.

Jadi kesimpulannya bahwa, penting sekali bagi seorang petani untuk memperhatikan tanaman cabe yang dibudidaya. Jika terdapat gejala yang tidak umum seperti di atas, maka segera tangani agar tidak menyebar pada tanaman yang lain. Semoga bermanfaat.

PESAN SPONSOR