Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Ayo Cintai Petani dan Produk Lokal Bersama IT’s Buah

Saya masih ingat betul bahwa, presiden Joko Widodo mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk membenci produk-produk luar negeri. Pernyataan beliau ini saya dengarkan saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan pada bulan Maret tahun 2021 lalu. Ajakan presiden ini menurut saya benar, karena beliau mengajak kepada kita semua untuk mencintai produk lokal yang jumlah dan kualitasnya tak jauh menarik seperti produk luar negeri. Karena dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 jutaan ini, maka berpotensi menarik animo masyarakat juga cukup besar.

Dalam rapat tersebut yang disiarkan di salah satu tayangan TV yang saya tonton bahwa Jokowi menegaskan, untuk mencapai loyalitas konsumen, maka dari itu produk-produk dalam negeri hasil karya anak bangsa harus mampu bersaing dengan harga kompetitif serta kualitas barang/jasa juga mumpuni. Oleh sebab itu, produsen di pasaran harus memperbaiki kulitas barang/jasa, pengemasan, serta desain produk yang disesuaikan dengan minat pasar.

Ajakan presiden kita, Joko Widodo itu memang setahu saya banyak pro-kontra. Namun, saya melihat dari sisi positif terkait dengan ajakan beliau dari sisi positifnya itu memang lebih banyak. Dengan menggunakan dan cinta produk dalam negeri (membenci produk asing/luar negeri), maka secara otomatis kita juga akan ikut membantu perekonomian nasional, membangun kemandirian bangsa, menggairahkan produsen-produsen dalam negeri agar bergairah untuk menciptakan produk berkelas dan kreatif-inovatif, membuka lapangan kerja baru, serta adanya UMKM-UMKM lokal juga ikut membantu mendorong pertumbuhan ekonomi saat pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini. Selain itu, wujud dengan banyak UKM/UMKM yang berdikari di negeri sendiri juga akan mencegah banyak pengangguran, karena rakyat semakin kreatif mengeluarkan semua potensi diri, minat serta bakatnya untuk hal-hal produktif yang mewarnai kegiatan perkonomian rakyat.

Jika kita mencintai produk lokal, juga pastinya kita akan semakin bangga dengan barang/jasa karya anak bangsa. Harga barang juga semakin terjangkau, dan nyatanya produk/barang yang kita buat tak jauh menarik dan berkualitas seperti barang di luar negeri. Bahkan, masih banyak orang-orang bule/luar negeri yang mencintai produk lokal kita, lantas mengapa kita lebih mencintai produk luar negeri? coba renungkan dalam diri kita masing-masing.

Tanpa kita sadari juga, dengan semakin sering kita menggunakan produk dalam negeri/lokal, sudah barang tentu kita akan menyukseskan swasembada pangan. Apa sih sebenarnya motif kita lebih menyukai barang-barang impor daripada barang karya anak bangsa kita sendiri? padahal barang/jasa hasil karya anak bangsa juga keren-keren dan kualitasnya juga jempolan, mulai dari kuliner (makanan/minuman), hasil kerajinan tangan, hasil kesenian, produk pakaian dan peralatan rumah tangga juga oke-oke. Coba kalau kita belanja online di situs UMKM lokal yang menjual produk/jasa, itu akan semakin bagus, maka kita juga bisa berbagi dengan sesama, menggencarkan UMKM kita agar semakin melejit, dan berkembang pesat di negara kita sendiri.

Dengan kita membeli barang-barang lokal, maka kita juga bisa menjamin kualitas serta keamanannya. Juga kita bisa menghemat ongkos kirim (ongkir) yang cukup mahal jika barang yang kita beli berasal dari luar negeri. Penggunaan produk-produk lokal juga mampu meningkatkan lapangan kerja serta mengurangi pengangguran serta angka kemiskinan. Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik tentu sudah semestinya kita harus bangga dengan produk lokal dalam negeri. Kalau bukan kita yang bangga dengan produk lokal, lantas siapa lagi?

IT’s Buah Itu Contoh Produk Pangan Lokal Kita Yang Membanggakan

Banyak sekali produk-produk lokal di berbagai bidang kehidupan yang perlu kita lestarikan dan mendukungnya secara kontinyu. Salah satunya adalah UKM lokal IT’s Buah yang sudah satu dekade (sejak tahun 2012 hingga saat ini) mampu berdikari di negeri sendiri. Mengapa saya menyontohkan IT’s Buah karena owner-nya terkesan tidak hanya mementingkan keuntungan secara finansial, tapi lebih memilih untuk kebaikan bersama (#SehatBerdampak) yaitu melalui kegiatan edukasi dan informasi seputar kesehatan, juga yang saya pahami telah bersahabat dengan petani lokal melalui kegiatan pemberdayaan (edisi sayur maupun buah-buahan). Selain itu, misi IT’s Buah juga oke menurut saya yaitu berupa:

#1. Dukung Gerakan #BerbagiSehat

Kegiatan berbagi ini adalah kegiatan positif dan mencerminkan harga diri bangsa yang sudah lama diturunkan dari nenek moyang kita. Apalagi kegiatan berbagi kepada sesama adalah penting dilakukan untuk menjaga silaturahmi, membantu kepada sesama yang membutuhkan, serta menambah banyak rezeki bagi kita semuanya.

Tidak ada ruginya kita berbagi kepada sesama, termasuk #BerbagiSehat yang merupakan misi IT’s Buah ini juga cara yang paling positif apalagi ini sedang dalam masa pandemik COVID-19, tentunya cara kita #BerbagiSehat sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar kita.

Di luar sana pastinya masih banyak orang tua yang kurang paham dengan manfaat mengonsumsi buah-buahan dan sayur bagi kesehatan tubuh anak-anak mereka, sehingga ada anak-anak yang jarang makan buah/sayur, sehingga kecukupan gizi harian mereka sangat kurang. Hal ini tentu saja menyebabkan anak-anak di Indonesia mengalami penyakit kekurangan zat gizi besi (anemia), kekurangan vitamin A (KVA), dan lain sebagainya.

Padahal, jika orang tua tahu manfaat mengonsumsi buah dan sayur rutin itu maka dampaknya akan baik bagi kesehatan keluarga mereka.

Maka semakin rutin kita menjalani hidup sehat bersama IT’s Buah, maka akan ada banyak orang yang terbantu untuk hidup sehat, karena dari sebagian hasil penjualan IT’s Buah akan disalurkan kepada anak-anak yang membutuhkan (kekurangan gizi).

Keren sekali ya program dari IT’s Buah di atas?, karena terkesan lebih humanis dan memasyarakatkan masyarakat dengan cara yang positif dan benar. Btw, saya juga ikut senang ketika membaca di laman websitenya per 9 Maret 2022 sudah ada 11.569 botol telah disumbangkan untuk gerakan #BerbagiSehat ini. Keren ya? Semoga program baik ini terus dijalankan, sehingga keberadaanya akan dirasakan oleh banyak orang.

#2. Gerakan #DukungPetaniLokal

Karena saya juga terlahir dari anak seorang petani, maka saya juga jadi ikut merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang petani. Gerakan #DukungPetaniLokal yang diluncurkan IT’s Buah ini bagi saya sangat positif dan tentunya saya pribadi mendukung karena ini bentuk loyalitas owner IT’s Buah yang menjadikan petani sebagai sahabat/mitra. Tanpa petani mungkin tidak bakal ada produk kemasan/botol IT’s Buah ya kan?

Mendukung petani lokal ini menurut saya juga penting karena pihak IT’s Buah akan semakin maju dan mendapatkan banyak dukungan, mitra kerjasama dalam memasok banyak buah dari para petani lokal. Namun, pada akhirnya semuanya akan saling diuntungkan. Pihak IT’s Buah mendapatkan pasokan buah sehat dan alami dari hasil jerih payah petani dalam mengurus/merawat tanaman pertanian, dan petani diuntungkan karena buah atau sayuran yang dihasilkan akan cepat laku di pasaran karena sudah ada rantai pasoknya. Selain itu, jaringan ini akan berimbas positif bagi masyarakat karena akan semakin banyak masyarakat yang lebih cinta dengan produk buah lokal. Ini juga pastinya menambah semangat bagi para petani lokal kita untuk lebih kreatif dan inovatif mengembangkan beragam jenis buah lokal, karena target pemasarannya sudah jelas sekali.

Gerakan #DukungPetaniLokal ini merupakan cara yang paling baik yang selama ini saya lihat dari IT’s Buah, karena mereka pastinya yakin produk dalam negeri itu juga banyak yang berkualitas bagus, sehingga dalam produk IT’s Buah saya rasa pastinya banyak memakai pasokan buah atau hasil pertanian lokal sehingga menekan impor pangan yang selama ini masih banyak dilakukan oleh produsen/perusahaan. Saya sendiri melihat di halaman website IT’s Buah per 9 Maret 2022 sudah ada sekitar 179.712 kg buah lokal yang telah IT’s Buah gunakan untuk #DukungPetaniLokal, sungguh jumlah yang tidak sedikit untuk menghargai jasa petani lokal agar tetap berjaya di negeri sendiri? keren banget, sumpah !!!.

#3. Dukung Gerakan #RamahLingkungan

Sumber gambar: Cuplikan film “Pulau Plastik (Visinema)

Saya pernah menonton salah satu film “Pulau Plastik” (Visinema) yang menggambarkan seseorang yang sedang menyelam lalu sambil memotret area di sekitarnya yang penuh dengan sampah plastik. Bahkan sempat juga saya baca-baca berita di internet kalau ada ikan laut yang makan sampah plastik? ngeri banget. Itu artinya limbah berupa sampah plastik yang kita gunakan sehari-hari sudah berhasil menyemari lautan dan membuat kerusakan ekosistem di perairan. Sampai kapan kegiatan negatif ini akan terhenti kalau tidak dimulai dari kita sendiri agar lebih melek dan peduli dengan lingkungan.

Dan juga pernah scroll di salah satu IG @demibumi.id yang cukup mencengangkan guys ! berikut kutipannya:

Nah, yang bikin saya semakin terbuah-buah dengan IT’s Buah karena dalam bisnis yang mereka jalankan juga tetap berwawasan lingkungan (peduli dengan bumi yang kita huni). Yang mana pada saat ini dunia kita sedang tidak baik-baik saja, karena sedang mengalami krisis iklim yang mana terjadi perubahan lingkungan (degradasi habitat), perubahan iklim global secara luas, pemanasan global (global warming), beserta akibatnya.

IT’s buah dalam kemasan yang mereka gunakan lebih inklusif menawarkan kemasan berbahan kaca ketimbang berbahan plastik. Karena seperti kita ketahui limbah plastik ini seringkali menjadi pencemaran lingkungan terbesar apalagi sampah ini dibuang begitu saja tanpa didaur ulang atau ditangani secara tepat.

Sampah botol kaca bisa didaur ulang kembali dan bisa dijadikan produk turunan seperti wadah serupa, sebagai vas bunga, wadah bumbu di dapur (wadah merica, ketumbar, kemiri, dll) , membuat lampu minyak, dispenser sabun cuci tangan, dibuat menjadi lilin, dan lain sebagainya.

Di website IT’s Buah telah menginformasikan bahwa botol telah IT’s Buah daur ulang untuk mendukung gerakan #RamahLingkungan. Gerakan positif yang saya apresiasi yaitu adanya program “tukar botol”, dimana katanya setiap 10 botol kosongnya dapat ditukar dengan satu botol jus.

Gerakan #RamahLingkungan juga pastinya menjadi media kampanye yang positif serta mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mengurangi sampah plastik dalam aktivitas sehari-hari.

Hidup #SehatBerdampak Bersama IT’S Buah

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat mahal. Jika kita sehat maka jasmani dan rohani kita juga semakin kuat, sehingga mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Untuk mendapatkan derajat kesehatan yang optimal, maka penting sekali kita melakukan aktivitas yang dapat menambah imun tubuh seperti berolahraga teratur setiap pekan (minimal 2-3 x), cegah stres dan tetap berpikir positif, serta mengonsumsi menu makanan bergizi seimbang.

Untuk makanan bergizi seimbang bisa diperoleh dari jenis makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Vitamin sendiri bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran maka sejumlah vitamin dan serat akan dimasukan di dalam tubuh sehingga dapat memboster sistem imunitas tubuh agar lebih kebal terhadap patogen yang membahayakan tubuh seperti bakteri, virus, kuman atau antigen yang bisa menyebabkan tubuh sakit. Terutama saat ini sedang ada wabah COVID-19, maka mengonsumsi buah-buahan segar dan sayur adalah penting untuk daya tahan tubuh.

Oya, saat ini untuk mendapatkan sajian buah dan sayuran yang sudah dijus atau dihaluskan semakin mudah dan praktis dalam satu botol IT’s Buah. Dengan botol cukup egronomis, tentunya bisa kita bawa kemana-mana, bisa dimasukan ke tas, dibawa di ruang rapat, di kantor, atau saat kita sedang mengerjakan tugas sehari-hari. Cukup kita sandingkan IT’s Buah dalam aktivitas kita, maka sekali sruput maka sejumlah vitamin telah kita tambahkan dalam tubuh sehingga badan pastinya akan terasa segar dan lebih sehat.

Sumber Referensi:

  • Sumber gambar, materi pendukung dari website resmi IT’s Buah, tersedia secara online di situs: https://itsbuah.com/sehat-berdampak/.
  • Channel Youtube resmi IT’s Buah, tersedia secara online di situs: https://www.youtube.com/watch?v=v_G4gHMNSxU&feature=emb_title.
  • Akun instagram @demibumi.id, tersedia secara online di situs: https://www.instagram.com/p/CU9vT2tFWD9/.
  • Cuplikan Film “Pulau Plastik: oleh Visinema.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR