Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Mengubah Passion Menjadi Dolar di Masa Covid-19

Tuhan itu maha adil ya? menakdirkan aku, kamu dan dia memiliki potensi yang berbeda-beda. Aku punya passion A, kamu dan dia mungkin punya passion B atau C. Dunia terasa berwarna dan kaya. Itulah berkah dan karunia!

Ini adalah aku. Seorang yang hobi menulis. Aku curahkan semua passion yang kumiliki untuk menulis sesuatu hal yang bermanfaat di platform websiteku.

Aku punya passion yang mungkin orang jarang memilikinya, yaitu ngeblog. Selain itu, aku juga hobi berkebun tanaman apotek hidup, sayur-mayur, umbi-umbian, maupun buah-buahan.

labu air
labu air yang aku tanam sudah berbuah kemudian akun jadikan bahan tulisan di websiteku.

Semua kegiatan yang berbau pertanian aku paling suka. Bahkan, karena aku saking sukanya dengan kegiatan bertani, maka aku rela membuat sebuah website yang sedang teman-teman kunjungi ini yaitu tipspetani.com. Dari website tersebut, maka aku dokumentasikan semua hal-hal yang berkaitan dengan dunia pertanian yang ada di sekitar tempat tinggalku. Tujuannya tidak lain adalah untuk mempromosikan konten lokal berbasis website di hasil pencarian google (Google search engine). Sehingga netizen di seluruh dunia dapat mengakses seluruh konten yang ada di website yang aku bangun. Dan sebagai bonusnya, tentu saja usaha tidak pernah mengkhianati hasil, maka memiliki website/blog menjadikan saya lebih mandiri dan menghasilkan uang dari internet. Terutama saat pandemi Covid-19 ini, maka tidak sedikit penghasilan dari blog bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Luar biasa tentunya.

Dari Website Aku Hidup, Tumbuh dan Berkembang

Semua kehidupanku tercurahkan untuk menulis, menulis, dan menulis. Tiada hari tanpa menulis. Jika tidak menulis di website sehari saja, rasanya kangen menulis, dan sepertinya tangan terasa gatal sekali.

Website adalah teman setiaku, yang memberi aku pekerjaan secara fleksibel tanpa harus berangkat pagi dan pulang sore hari. Semuanya ada hasil. Dari artikel dan konten lokal yang aku tulis bisa menghasilkan uang dan karyanya mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Website adalah separuh hidupku, yang menyembuhkanku dari semua permasalahan hidup. Tanpa website mungkin ide di otakku bisa mati.

Dari website aku bisa menuangkan semua ide, unek-unek, bahkan pengalaman bertani ke semua netizen di dunia maya.

Dari website, semakin menguatkan diriku bahwa berbagi ilmu, pengetahuan serta pengalaman kepada orang lain itu merupakan anugerah yang patut disyukuri.

Intinya aku suka menulis. Aku gabungkan passion menulis, ngeblog dan bertani menjadi sebuah ukiran tinta emas yang mudah-mudahan bisa berguna untuk semua netizen di seluruh bumi.

Dari website telah mengajarkanku tentang pentingnya sejarah. Website merupakan platform online yang bisa dimiliki semua orang. Tidak pandang bulu siapa itu orangnya, bahkan orang miskin sekalipun bisa punya website. Dari website semua dokumentasi hidup akan bisa diabadikan dan bisa merubah peradaban dunia.

Website juga mengajarkanku tentang bagaimana seseorang dari kalangan kelas bawah bisa tumbuh dan berkembang.

Aku termasuk orang yang tinggal di pelosok desa. Terlahir dari orang yang tidak punya apa-apa. Hidup sederhana, dan menjadikan kegiatan ngeblog sebagai profesi untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Karena setiap hari aku selalu mengurusi semua platform website yang kumiliki, salah satunya adalah website tipspetani.com. Maka, menulis artikel seputar pertanian merupakan caraku untuk melestarikan konten lokal seperti topik pertanian agar tidak punah.

Dari kegiatan menerbitkan artikel di website secara rutin, tentu saja websiteku semakin hari semakin banyak pengunjungnya. Bahkan, dari kunjungan orang lain ke websiteku tentu saja aku bisa merasakan manisnya dolar dari internet. Bahkan investasi artikel di blog/website sangat bagus dan tentunya menolongku dari sulitnya keuangan di masa pandemi Covid-19 ini.

Awalnya Aku Kira Mustahil, Ternyata Mendapatkan Dolar Dari Internet Itu Nyata!

Dulu ceritanya nih aku lulus kuliah tahun 2015. Bingung mau kerja apa. Karena lulus dari fakultas keguruan cukup sulit mencari sekolah yang benar-benar mau menerima aku untuk mengajar disana. Karena tidak semua sekolah sedang mengadakan recruitment tenaga guru saat itu.

Akhirnya aku iseng-iseng searching di mbah google, cari artikel disana tentang bagaimana cara orang dapat dolar dari internet?. Akhirnya aku menemukan salah satu website yang membahas cara mencari dolar dari internet. Di dalam website tersebut tertulis bahwa, mencari dolar di internet itu bisa melalui bisnis online dan disesuaikan dengan passion atau minat kita itu apa.

Terus aku juga melihat banyak orang yang sukses dari internet melalui website yang dimonetisasi dengan periklanan Google Adsense. Akhirnya aku coba bangun website tipspetani.com secara otodidak. Saking semangatnya pengen dapet dolar dari internet, maka siang dan malam, bahkan dini hari aku sempatin untuk nulis artikel seputar pertanian. Karena topik artikel tentang pertanian adalah passionku, dan aku suka dan tidak terbebani untuk menulisnya.

Hingga sekitar hampir 8 bulanan pada akhirnya artikel di websiteku jadi banyak, dan aku coba daftarkan websiteku di periklanan Google Adsense, dan alhamdulillah di approved.

Singkat cerita, beberapa bulan setelah websiteku diterima Google Adsense, kemudian lama kelamaan banyak pengunjung yang klik iklan dan tentunya penghasilan semakin bertambah. Dan alhamdulillah, bisa setiap 1 bulan sekali payout (gajian) dari Google Adsense. Dan tentunya, dari uang yang saya peroleh cukup digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ketika pandemi Covid-19 saat ini.

maaf bukan pamer ya, untuk penyemangat bagi teman-teman yang mau memulai membangun website. Bahwa dari menulis artikel di website bisa menghasilkan uang dari internet.

Ditanya rasanya gimana dapet passive income dari ngeblog, tentu aku senang banget. Karena memang terbukti dari passion dan artikel yang diproduksi secara berkala bisa menghasilkan dolar. Intinya, hobi yang dibayar itu jauh lebih memuaskan?

Kalau Aku Sudah Punya Website, Menulis, dan Bisa Menghasilkan Dolar, Sekarang Giliran Kamu Ya?

Melalui tulisan ini aku ingin mengajak kepada seluruh netizen di bumi untuk mencoba memiliki website. Entah itu website personal atau website yang membahas secara umum (website gado-gado dengan topiknya campur aduk).

Karena akan banyak sekali keuntungan jika teman-teman punya website. Ingat ya teman-teman, sekarang ini sudah jamannya teknologi dan dunia digital sudah dipakai di berbagai sektor kehidupan. Jika kita tidak mengimbanginya maka bisa ketinggalan jaman.

Untuk membuat website, tentu saja teman-teman bisa mencobanya secara gratis di blogger.com. Namun, kalau aku sih lebih baik punya website yang profesional sekaligus, dengan memiliki domain yang ber-TLD, contohnya yang ujungnya ada .com, .org, .xyz, .co.id, ac.id, .id, dan lain-lain.

Karena kalau teman-teman punya domain TLD, maka blog teman-teman akan dianggap profesional oleh pengunjung situs teman-teman. Bahkan, jika web teman-teman mempunyai domain dan hosting sendiri (self hosting) maka website teman-teman akan mudah dalam mendapatkan job dari perusahaan atau orang yang ingin memasang iklan atau kerjasama dengan website teman-teman.

Nah, untuk pembuatan nama domain dan menyewa hosting terbaik Indonesia, maka aku rekomendasiin untuk mencoba di exabytes.co.id. Karena banyak sekali keuntungan yang akan teman-teman dapatkan. Termasuk banyak sekali bonus dan promo menariknya.

Dan untuk memulai membuat domain murah silakan teman-teman langsung cuzzz aja ke situs Exabytes Indonesia (exabytes.co.id) untuk pembuatan nama domain. Setelah masuk ke situs pembuatan nama domain, maka selanjutnya teman-teman bisa mengetikkan nama domain yang teman-teman inginkan, lalu klik tombol “Cek dan Pesan Domain“. Misalnya, passion teman-teman adalah suka memancing, maka teman-teman bisa membuat nama domain misalnya: hobikumancing.com. Baru kemudian ikuti proses selanjutnya yang diarahkan pada sistem pendaftaran domain tersebut. Bisa cek langkah di bawah ini:

Oya selain membeli nama domain, maka teman-teman juga sebaiknya langsung saja beli hosting wordpress terbaik sekaligus supaya enggak bingung nantinya. Tersedia paket hosting terbaik di Indonesia dari exabytes seperti paket WP Blogger, WP Lite, WP Plus, dan WP Geek. Harganya sangat terjangkau dan tentunya yang tak kalah menarik karena ada jaminan 100 hari uang kembali jika merasa tidak puas.

Baru setelah selesai membeli domain dan hosting, maka jangan lupa lakukan pembayaran sesuai yang tertera saat pemesanan agar domain dan hostingnya aktif. Baru setelah domain dan hostingnya aktif, maka kini saatnya melakukan optimasi dan memperbanyak konten/tulisan di website teman-teman. Dengan semakin banyak tulisan, tentu saja akan meningkatkan pageview halaman artikel di blog/website teman-teman. Dan jika website sudah dioptimalisasi, misalnya dengan memasang iklan Adsense maka teman-teman akan memperoleh penghasilan jika ada yang klik iklan. Tidak hanya adsense, mempunyai toko online, bisnis afiliasi, artikel sponshorship, dan lain sebagainya yang dioptimalisasi dengan memperbanyak konten juga memperluas jaringan dan secara otomatis memperkenalkan produk yang dijual kepada pembaca di blog. Dengan begitu, sebagai seorang blogger bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari internet di masa Covid-19 ini.

Sebagai informasi penting untuk teman-teman bahwa, sebaiknya pemilihan nama domain harus dipikirkan matang-matang sebelum melakukan pembelian nama domain. Karena nama domain itu adalah identitas dan menunjukkan personal branding/brand bagi pemiliki website. Jadi jangan asal-asalan, oke.

Nah itu saja pengalaman aku bisa mengubah passion yang kumiliki untuk menghasilkan pundi-pundi dolar dari internet. Semoga bermanfaat dan menginspirasi teman-teman untuk punya website sendiri dan bisa mengoptimalkannya untuk memperoleh penghasilan di tengah-tengah pandemi yang penuh dengan ketidakpastian ini.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Sumber Referensi:

  • Foto labu putih dari pengalaman pribadi berkebun
  • Infografis oleh: Wahid Priyono
  • Sumber materi dan gambar pendukung lainnya dari situs website https://exabytes.co.id/

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR