Alasan Mengapa Daun Tanaman Menjadi Berwarna Kuning dan Kecokelatan

Dalam bidang pertanian, setiap tanaman akan memperlihatkan keadaan fisik (morfologi) yang berbeda-beda. Terkadang ada perubahan-perubahan tertentu pada organ tanaman. Sebagai contoh, adanya perubahan warna pada bagian organ daun. Ada perubahan bentuk batang, formasi jumlah buah dan bunga, batang tanaman menjadi kurus akibat mengalami defisiensi (kekurangan unsur hara tertentu). Semua kenampakan fisiologis yang muncul mungkin banyak sekali faktor penyebabnya. Namun, gejala yang umum muncul pada keadaan tanaman yang tidak normal sering diakibatkan gejala kekurangan unsur hara (mal/kekahatan nutrisi hara).

klorosis pada tanaman perkebunan
Daun pada tanaman labu berwarna hijau terhindar dari klorosis.

Akibat tanaman kekurangan unsur hara akan memperlihatkan gejala yang berbeda. Mulai dari tingkat ringan, sedang bahkan parah. Sebagai contoh, jika daun tanaman menjadi berwarna kuning dan kecokelatan itu merupakan gejala klorosis. Klorosis dari beberapa literatur merupakan gejala suatu tanaman tidak mampu menghasilkan pigmen klorofil yang berperan penting dalam proses fotosintesis tanaman. Jika hal tersebut terjadi secara lama, maka tentu saja tanaman akan berubah dari daun yang semula hijau menjadi kuning kecokelatan lalu rontok dan selnya mati.

Pada beberapa kasus, klorosis ini benar-benar membahayakan tanaman sebab bisa membuat kematian pada sel-sel daun. Kebanyakan tanaman yang mengalami klorosis dan nekrosis sering mudah terserang hama dan penyakit. Daun juga sering mudah rontok, dan menyebabkan tanaman susah menghasilkan buah. Untuk pembahasan klorosis secara lengkap dapat anda baca pada link berikut: Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Klorosis pada Tanaman Budidaya. Semoga bermanfaat, aamiin.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *