Cara Penyiangan, Pendangiran, dan Pembumbunan Pada Tanaman Kencur

Salah satu kegiatan perawatan tanaman kencur yang seringkali dilakukan oleh petani yaitu penyiangan, pendangiran, serta pembumbunan. Kegiatan tersebut dilakukan selama proses budidaya kencur berlangsung mulai dari tanaman telah tertanam di lahan bedengan hingga menjelang pemanenan.

Penyiangan pada tanaman kencur dilakukan dengan cara membersihkan lahan tanam dari kemungkinan gulma (rumput liar) tumbuh di sekitar tanaman. Penyiangan dengan cara menyabut, mengoreti gulma yang tumbuh di sepanjang lahan bedengan tempat penanaman kencur. Selain itu, di sekitar lahan bedengan juga bisa diKarena jika musim hujan sedang berlangsung, biasanya gulma akan lebih sering muncul. Kemunculan gulma ini memang tidak bagus, sebab akan menjadi kompetisi (lawan berat) dari tanaman kencur itu sendiri. Kebanyakan gulma sifatnya parasit pada tanaman utama yang ditanam. Hal ini bisa terlihat saat tanaman tumbuh kerdil karena adanya gulma pengganggu dalam penyerapan unsur hara di tanaman pokok menjadi terganggu.

Lahan tanam kencur selepas dilakukan kegiatan penyiangan, pendangiran dan pembumbunan
Lahan tanam kencur selepas dilakukan kegiatan penyiangan, pendangiran dan pembumbunan, (Doc. Wahid Priyono/Hariono)

Selagi melakukan kegiatan penyiangan, maka petani bisa sembari melakukan kegiatan pendangiran dan pembumbunan. Kedua kegiatan ini sebenarnyalah yang juga memberi keuntungan lebih pada tanaman kencur. Pendangiran dilakukan dengan cara melakukan penggemburan tanah di sekitar tanaman. Dengan gemburnya tanah tersebut maka otomatis penyerapan air juga lebih mudah, aerasi tanah semakin baik, dan berefek positif bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman kencur. Pembumbunan bisa dilakukan sembari melakukan pendangiran. Pembumbunan dilakukan dengan cara mengoyak tanah supaya lebih agak tinggi di sekitar tanaman. Dengan pembumbunan ini tentu saja akan merawat akar tanaman agar cepat tumbuh dengan mudah, sehingga rimpang pada kencur akan berkembang secara optimal. Jika hal ini terjadi, tentu saja produktivitas hasil panen kencur akan semakin meningkat. Dan ini sudah pernah saya terapkan dan alhamdulillah hasilnya sangat positif.

Lahan tanam kencur selepas dilakukan kegiatan penyiangan, pendangiran dan pembumbunan
Lahan tanam kencur selepas dilakukan kegiatan penyiangan, pendangiran dan pembumbunan (tanaman kencur menjadi subur dan hijau).

Dan tips bagi petani supaya tanaman kencur menjadi tumbuh subur agar kegiatan penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan ini tidak terlewatkan. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil maksimal ketika anda sedang membudidaya kencur. Jangan lupa baca juga: Pupuk Kencur yang Bagus dan Berkualitas Tinggi.

PESAN SPONSOR