Waktu Panen dan Cara Pemanenan Kencur yang Baik dan Benar

Masa panen kencur merupakan masa-masa dimana tanaman kencur harus segera dibongkar dari lahan tanam. Tujuan pembongkaran lahan ini yaitu untuk mengambil hasil panen berupa rimpang kencur yang tertanam di dalam tanah.

Tanaman kencur di musim penghujan sangat cocok
Tanaman kencur di musim penghujan sangat cocok, (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.)

Ketika masa panen kencur tiba, maka ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh petani, yakni:

  • Waktu pemanenan kencur dimulai ketika tanaman kencur sudah berumur 6-8 bulan, dan dapat ditunda sampai musim berikutnya karena tidak terdapat efek buruk bagi kebusukan rimpang dan kadar pati di rimpangnya. Waktu panen sebaiknya dilakukan secara singkat. Biasanya jika sudah waktunya panen, maka daun kencur akan menguning dan akhirnya gugur. Maka pada saat itulah kencur siap dipanen;
  • Metode/teknik/cara panen kencur yaitu membongkar seluruh rimpang dengan cangkul, garpu atau alat lainnya. Mematahkan atau memotong rimpang bagian pinggir, sisa yang tertinggal dibiarkan tumbuh untuk musim tanam berikutnya.
  • Kencur yang sudah dipanen dan banyak terdapat tanah sebaiknya langsung dibersihkan dengan air, kemudian diangin-anginkan sampai kering;
  • Kemudian kencur dimasukkan ke dalam karung, dan siap didistribusikan ke tengkulak/pedagang di pasaran.
Rimpang kencur yang sudah dipanen
Rimpang kencur yang sudah dipanen

Dengan memerhatikan waktu/masa panen kencur di atas, maka setidaknya akan memberikan wawasan bagi para petani di Indonesia. Salam sukses untuk bertani kencur. Silakan baca juga: Cara Penyiapan Lahan dan Penanaman Bibit Kencur Pada Lahan Bedengan yang Baik dan Benar.

PESAN SPONSOR