Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Cara Pemeliharaan/Perawatan Pada Tanaman Kencur yang Baik dan Benar

Merawat tanaman kencur memang sangat mudah dilakukan jika sudah tau tekniknya. Sebenarnya kencur sangat mudah ditanam dan dirawat karena tidak terlalu sulit dalam pemeliharaannya. Berikut ini cara/teknik/metode pemeliharaan tanaman kencur yang baik dan benar.

menanam kencur di lahan bedengan tumbuh subur
budidaya kencur di lahan bedengan tumbuh subur
  • Penyiangan pada tanaman kencur dilakukan pada minggu ke-II s/d ke-IV setelah tanam atau tergantung keadaan;
  • Mulching penutupan tanah bisa dilakukan dengan menggunakan ampas perasan tebu/jerami padi;
  • Pemupukan dilakukan pada tanaman kencur yang sudah membentuk daun sempurna¬† (akhir minggu ke-4), dipupuk dengan pupuk urea 75 kg, TSP 200 kg, dan KCL 100 kg. Serta saat pohon kencur berumur 3 bulan dipupuk dengan Urea sebanyak 75 kg;
  • Penggemburan tanah/pendangiran dan pembumbunan dilakukan pada saat tanaman berumur 3 bulan bersamaan dengan pemupukan kedua;
  • Hama dan penyakit pada tanaman kencur tidak terlalu banyak ditemukan. Yang sering menyerang adalah penyakit busuk umbi akibat diserang oleh bakteri Pseudomonas sp. Namun, jika perawatan tanaman benar, maka pertumbuhan bakteri ini dapat dihentikan, terutama jika sistem drainase dan penyiangan dilakukan secara rutin.

Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, maka tanaman kencur akan tumbuh secara optimal, sehingga hasil panen berupa rimpang yang berbobot sehingga petani akan diuntungkan. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR