Pupuk Kencur yang Bagus dan Berkualitas Tinggi

Ketika membudidaya/menanam kencur, maka perawatan tanaman berupa pemberian pupuk adalah hal mutlak yang harus diterapkan oleh petani. Kencur dalam pertumbuhan dan perkembangannya perlu mendapatkan asupan nutrisi yang berasal dari unsur hara, air, dan garam-garam mineral. Unsur hara dan garam mineral dapat diperoleh dari pupuk, sementara air sebagai pelarut dari senyawa kimia yang ada pada pupuk sehingga dapat terserap maksimal pada organ tanaman.

Pemupukan pada tanaman kencur dilakukan pada akhir minggu ke-4 setelah tanam awal di lahan bedengan. Pemupukan tentu saja dilakukan dengan melihat indikator awal bahwa pohon kencur sudah menghasilkan bentuk daun sempurna.

pohon kencur di lahan bedengan
budidaya kencur di lahan bedengan tumbuh subur karena dilakukan pemupukan secara teratur, (Doc. Wahid Priyono, S.Pd/Hariono Petani Kencur).

Adapun jenis pupuk kencur yang bagus dan berkualitas tinggi (diaplikasikan di akhir minggu ke-4)  untuk satu hektar lahan yakni:

  • dipupuk urea, sebanyak 75 kg;
  • TSP 200 kg;
  • KCl 100 kg;
  • Serta saat pohon kencur sudah berumur 3 bulan ke atas, dipupuk kembali dengan pupuk Urea sebanyak 75 kg;
  • Pada umur 5 bulan, bisa dilakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK jenis apa saja, misal NPK mutiara/phonska (sebanyak 30kg).

Sebaiknya waktu pemupukan tanaman kencur dilakukan pada waktu siang menjelang sore (pkl.14.00-18.00 waktu setempat). Aplikasi pemupukan yakni dengan cara disebar ke lahan bedengan tempat tanaman kencur tumbuh.

Dengan melakukan pemupukan seperti dosis yang disebutkan di atas, maka saya akan menjamin bahwa tanaman kencur yang ditanam akan semakin baik. Dengan begitu, maka produktivitas hasil panen kencur akan lebih maksimal. Semoga bermanfaat, silakan baca juga: Musim Terbaik Menanam Kencur Agar Cepat Berimpang Lebat.

PESAN SPONSOR