Musim Terbaik Menanam Kencur agar Cepat Berimpang Lebat

Musim terbaik untuk menanam/budidaya kencur yakni pada saat musim hujan (penghujan). Walaupun pada musim kemarau bisa saja dilakukan penanaman kencur, akan tetapi hasil panen tidak terlalu baik dibandingkan pada musim hujan. Pada musim penghujan, maka kandungan air di dalam tanah cukup tinggi dan baik untuk pertumbuhan serta perkembangan tanaman kencur itu sendiri.

Waktu musim hujan diperkirakan berlangsung setiap trisemester akhir dan trisemester awal setiap tahunnya. Yaitu pada bulan Oktober hingga Maret akhir biasanya musim hujan terus terjadi. Pada bulan-bulan tersebut sangat cocok untuk bercocok tanam/menanam kencur, dan sebaiknya dilakukan menjelang awal musim hujan sudah mulai menyiapkan bibit. Setelah itu bibit bisa ditunaskan terlebih dahulu, baru kemudian bibit ditanam di lahan bedengan ketika musim hujan berlangsung.

Untuk meningkatkan nilai tumbuh bibit, maka pengaturan drainase air di setipa lahan bedengan penting diperhatikan oleh petani kencur. Hal ini bertujuan untuk mencegah bibit dari kebusukan akibat curah hujan dengan kandungan air yang cukup tinggi. Untuk kebutuhan bibit saat menanam/budidaya kencur yakni 1-2 ton kencur/hektar lahan.

Dan berikut ini merupakan tanaman kencur yang dibudidaya saat musim hujan berlangsung, dan alhamdulillah hasil tumbuhnya bagus.

Tanaman kencur di lahan bedengan
Tanaman kencur di lahan bedengan, ((Doc. Wahid Priyono/Hariono).
Tanaman kencur di musim penghujan sangat cocok
Tanaman kencur di musim penghujan sangat cocok ((Doc. Wahid Priyono/Hariono).
budidaya kencur di lahan bedengan tumbuh subur
Tudidaya kencur di lahan bedengan tumbuh subur (Doc. Wahid Priyono/Hariono).
PESAN SPONSOR