Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Pengertian, Manfaat, Contoh Tanaman Campuran

Tidak hanya kita mengenal tentang tanaman tumpang sari, tanaman tumpang glir saja, akan tetapi kita sebagai petani juga perlu tahu apa itu bercocok tanam dengan teknik tanaman campuran?

Jadi, tanaman campuran atau biasanya orang luar negeri menyapanya “mixed cropping” merupakan pola tanam polikultur yang sering digunakan banyak petani, termasuk di Indonesia. Teknik ini merupakan teknik menanam dengan menggunakan lebih dari satu jenis tanaman dalam satu lahan dan waktu yang sama. Seperti contohnya pada pola tanam tomat dan kubis dalam satu bedeng. Hal ini berfungsi untuk mengendalikan penyakit dan hama, seperti ngengat trips yang biasanya merusak tanaman kubis.

Contoh lainnya bertani dengan cara tanaman campuran yakni menanam cabai di tengah-tengah antara tanaman sawi atau daun bawang.

sifat fisik tanah
Tanah gembur / tanah liat hitam bagus untuk sistem bertanam campuran

Manfaat/peranan/fungsi serta kegunaan dari sistem pola tanam campuran yakni:

  • mengendalikan berbagai hama dan penyakit pada tanaman misalnya pada pola tanaman campuran di tanaman kubis dan tomat. Karena tanaman kubis ini seringkali terkena ngengat trips, maka dengan menanam tomat dalam satu lahannya, maka meminimalisir dari serangan trips tersebut;
  • Meningkatkan produktivitas hasil panen;
  • Dalam satu masa tanam petani bisa memanen aneka jenis sayur maupun buah, artinya hasil panen tidak tergantung kepada 1 jenis tanam saja;
  • Ada nilai jual tersendiri, dimana petani akan mendapatkan profit tambahan tidak hanya pada satu jenis tanaman saja;
  • mudah dan praktis dalam mempraktekannya, sebab hampir semua petani di Indonesia menerapkan pola tanam secara campuran ini.

Itulah beberapa pengertian, contoh dan manfaat menanam dengan polikultur dengan teknik menanam secara campuran. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan petani dimana saja anda berada. Silakan baca juga ulasan berikut ini:

(1). Pengertian, Manfaat, dan Contoh Tanaman Tumpang Gilir

.

(2). Pengertian, Contoh dan Manfaat Bertanam dengan Sistem Polikultur.

2 Comments
  1. Avatar
    • Wahid Priyono, S.Pd.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR