Pengertian Fotosintat (Photosynthates) dan Translokasi Fotosintat

MenurutĀ (Rifa’i, 2004: 133), bahwa pengertian fotosintat (photosynthates) merupakan produk asimilasi karbondioksida selama proses fotosintesis. Seperti diketahui bahwa fotosintesis terjadi pada organ daun. Dan dalam prosesnya, melibatkan air dan karbondioksida yang berasal dari sisa respirasi, defekasi hewan, serta asap kendaraan mengandung gas karbondioksida.

Pengertian Fotosintat dan translokasi air fotosintat
Translokasi air fotosintat ke bagian organ tanaman (akar, batang, buah, dan daun).

 

Fotosintat disebut juga sebagai hasil fotosintesis berupa karbohidrat (gula). Dalam prosesnya, translokasi fotosintat yang berupa sukrosa akan larut bersama air, dan diedarkan oleh pembuluh floem ke sel-sel/jaringan target pada tumbuhan. Setelah sampai ke sel target, maka sukrosa tersebut akan digunakan oleh tumbuhan untuk berbagai kegiatan fisiologis, terutama dalam memicu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sel target misalnya pada sel-sel pembentuk organ buah, batang, daun itu sendiri, akar, bunga, dan lain sebagainya.

Jika kadar fotosintat (karbohidrat) rendah, maka laju pertumbuhan tanaman akan semakin cepat. Begitupun sebaliknya, apabila kadar karbohidrat tinggi/jenuh, maka laju pertumbuhan akan semakin lambat/berkurang. Selengkapnya silakan baca pada artikel berikut: Mengapa fotosintat dengan kadar karbohidrat rendah laju pertumbuhan cepat?

Sumber Referensi Tambahan:

Rifa’i, Mien A. 2004. Kamus Biologi Cetakan Ke-4. Jakarta: Balai Pustaka.

PESAN SPONSOR