Mengapa Fotosintat dengan Karbohidrat Rendah Laju Pertumbuhan Cepat? Dan Fotosintat dengan Kadar Jenuh Laju Pertumbuhan Lambat/Berkurang?

Fotosintesis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan karbohidrat. Oleh sebab itulah, fotosintesis juga ada kaitannya dengan proses anabolisme. Karbohidrat adalah produk fotosintesis. Jika kadar produk sudah jenuh, maka laju fotosintesis berkurang. Hal inilah yang menyebabkan laju pertumbuhan juga berkurang. Analoginya, stok masih banyak ngapain menghasilkan lagi. Kejadian semacam ini namanya “feedback negative” dalam suatu metabolisme yang terjadi pada tumbuhan. Sebaliknya, fotosintat dengan karbohidrat rendah laju pertumbuhan cepat karena stok karbohidrat di dalam sel tumbuhan berkurang. Inilah yang mengakibatkan tumbuhan mengadakan proses fotosintesis untuk mendapatkan stok yang lebih banyak. Dan proses ini pada akhirnya akan mempercepat laju pertumbuhan tanaman.

Sedikit tambahan, dalam proses pengangkutan fotosintat/produk fotosintesis tersebut, juga membutuhkan air yang dibantu oleh pembuluh xilem pada akar. Fotosintat dalam bentuk sukrosa dan air dialirkan melalui proses translokasi dari mesofil daun menuju sel target dengan bantuan pembuluh floem. Ingat waktu belajar IPA Biologi di SMA dan kuliah, bahwa fungsi floem secara umum yaitu pengangkutan hasil fotosintesis ke seluruh organ tanaman. Semoga bermanfaat.

fotosintat jenuh dan tidak jenuh
fotosintat jenuh dan tidak jenuh
PESAN SPONSOR