Cara Pemilihan Bibit Kencur yang Baik dan Benar

Memilih bibit kencur yang hendak ditanam tidaklah sembarangan. Bibit kencur harus benar-benar terbebas dari penyakit, serta rimpangnya padat. Adapun cara.teknik dalam pemilihan/memilih bibit kencur yaitu berasal dari pohon yang sudah tua.

Bibit kencur yang siap dijadikan bibit kembali
Bibit kencur yang siap dijadikan bibit kembali, (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.)

Untuk cara mendapatkan bibit kencur yang unggul yakni:

  • Bibit langsung tanam: Rimpang segar setelah dipotong-potong 4 cm langsung ditanam di lahan bedengan yang sudah disiapkan;
  • Bibit ditunaskan terlebih dahulu: Rimpang yang sudah dipotong 4 cm kemudian disimpan dalam gudang 1-2 minggu (sampai tunas bermunculan), ruang penyimpanan harus kering, tidak panas dan tidak terlindung. Rimpang kencur tersebut dihamparkan (tidak bertumpuk) di atas rak kayu/rak bambu. Bibit yang baik memiliki 2-3 buah mata tunas. Keperluan bibit sekitar 1-2 ton/hektar dengan jarak tanam sekitar 20×15 cm.

Bibit kencur yang sudah tua adalah bibit kencur yang sangat baik, dan setidaknya mempunyai 2-3 mata tunas. Jika mata tunas lebih dari 3 maka bisa dikatakan bibit tersebut sangatlah unggul. Silakan baca juga: Cara Perawatan Pada Tanaman Kencur yang Baik dan Benar.

PESAN SPONSOR