Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Bagaimana Ciri Tanaman Jahe Sehat dan Siap Panen?

Saat membudidaya jahe baik ditanam di wadah polybag atau lahan terbuka (sawah, kebun, ladang, dan sebagainya) sangat penting kita ketahui ciri tanaman yang sehatnya. Jika tanaman jahe sehat tentu saja akan berpengaruh terhadap produktivitas rimpang yang dihasilkan.

Faktor perawatan tanaman jahe yang tepat dan benar juga menjadi penentu banyaknya hasil panen yang dihasilkan. Hasil panen optimal dibuktikan dengan bobot rimpang yang ideal, rimpangnya banyak hingga memadati bagian dalam tanah, serta proses pemanenan yang pas saat jahe berusia matang adalah perlu diketahui dasar ilmunya.

Untuk itu perlu kita ketahui bersama bahwa berikut ini ciri-ciri/karakteristik tanaman jahe sehat dan siap panen.

Tanaman jahe yang sehat memiliki ciri: batangnya tebal-tebal, daun dan pelepah daunnya lebat, banyak tunas yang muncul di sekitar batang utama, daun berwarna hijau.

Ciri Jahe Siap Dipanen
Ciri Jahe Siap Dipanen, Muncul Bunga di Bagian Sela-Sela Batangnya

Sementara itu, untuk tanaman jahe yang siap dipanen menunjukkan ciri-ciri yaitu munculnya bunga jahe di sela-sela tanaman dewasa, sudah tidak muncul lagi tunas muda/tanaman muda, daunnya mulai mengering atau berwarna kekuningan/kecokelatan, batangnya mulai mengering dan banyak yang rebah/roboh. Ciri lainnya, kadang sering muncul rimpang jahe di atas permukaan tanahnya, dan jika tanahnya dikeduk/digali maka akan muncul rimpang jahe yang banyak.

Nah, itulah ciri-ciri tanaman jahe yang sehat dan siap untuk dipanen. Mudah-mudahan bisa sama-sama memberikan informasi untuk para petani di Indonesia. Terima kasih sudah menyimak artikel di website saya ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR