Solusi Supaya Pohon Naga Bisa Berbuah dan Berbunga Lebat

Terkadang petani buah naga sangat dikhawatirkan dengan pertumbuhan tanaman yang lambat juga hasil buah yang berkurang. Pohon naga bisa saja berbuah banyak dengan perawatan tanaman yang tepat. Namun, bisa juga tidak pernah sama sekali menghasilkan buah karena jarang dirawat. Membudidaya pohon naga agar bisa berbuah lebat tentu saja ada caranya. Dan saya akan membagikan caranya dan mudah-mudahan ini bisa menjadi solusi atas permasalahan yang tengah anda hadapi.

Dari pengalaman yang pernah saya temui di lapangan bahwa pohon naga supaya cepat menghasilkan bunga dan buah maka harus ditanam di tempat yang banyak cahayanya. Jika ditanam di tempat yang kurang cahaya sama sekali maka selain pertumbuhannya rendah juga jarang menghasilkan buah.

Pohon naga
Pohon Naga. Dokumentasi Oleh: Wahid Priyono, S.Pd.

Cobalah anda sekali-kali bermain dan berkunjung ke lokasi pembudidayaan buah naga, maka para petani disana akan merekomendasikan anda jika menanam pohon naga sebaiknya di tempat yang terang (banyak cahaya). Untuk mempercepat agar pohon naga menghasilkan buah banyak dan rutin maka pohon naga pada malam hari harus diberi lampu listrik. Semakin banyak cahaya yang diberikan pada pohon naga di malam hari, maka bunga dan buahnya akan semakin banyak. Banyak orang yang percaya akan hal ini. Dan tentu saja banyak jurnal ilmiah dan para pakar pertanian yang merekomendasikan cara tersebut. (Baca juga: Cara Menyuburkan Tanaman Mentimun yang Kerdil dan Kurus).

Pohon Buah Naga Mulai Berbuah Lebat
Pohon Buah Naga Mulai Berbuah Lebat

Cara di atas sudah banyak dibuktikan oleh petani buah naga, dan memang hasilnya cukup bagus. Selain itu, penyiraman yang rutin dan pemupukan adalah hal yang harus diterapkan. Penyiraman sebaiknya menggunakan air bersih yang tidak tercemar oleh limbah cair. Penyiraman 2 x sehari menyesuikan dengan tingkat kekeringan lahan/pada saat kemarau. Jika lahannya sudah lembab maka tidak perlu disiram, begitupun sebaliknya. Untuk pemupukan sebaiknya dilakukan selang-seling. Untuk penanaman pohon naga di awal tanam sebaiknya menggunakan pupuk dasar dari kotoran ternak yang difermentasi (dimatangkan terlebih dahulu). Kemudian pupuk ditambahkan pada lahan bedengan/lubang-lubang tempat penanaman pohon. Cukup 1 kg pupuk dimasukan ke dalam lubang tanam untuk penanaman awal. Kemudian 2 minggu setelah penanaman bisa ditambahkan pupuk urea. Kemudian setiap 2 minggu berikutnya diberikan pupuk lain seperti KCL, phonska, urea, SP36 dan lain sebagainya. Pemberian pupuk sampai tanaman dewasa dan menghasilkan buah. Silakan baca juga: Cara Mengatasi Biar Pohon Naga Cepat Berbunga dan Berbuah Lebat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *