Penyebab Akar Cabe Mudah Busuk Pada Saat Musim Hujan

Pada saat musim hujan, kadar air cukup tinggi di lahan bedengan/tanah. Sehingga hal ini bisa saja memberi dampak positif bahkan ke dampak negatif. Dampak positifnya jika tanaman dapat beradaptasi secara baik, tentu akan baik. Namun, adaptasi akar tanaman yang tidak baik justru akan membuat akarnya membusuk, dan selanjutnya berakhir pada kematian tanaman secara total.

Organ akar merupakan bagian yang rentan mengalami kebusukan pada saat musim hujan. Intensitas curah hujan yang tinggi pada bulan Desember ini tentu saja akan mempengaruhi proses osmosis air dari akar ke bagian organ tanaman lainnya. Pada tanaman yang lebih muda, kerentanan akar akan pembusukan cukup tinggi, terutama pada lahan bedengan yang tergenangi banyak air. Oleh sebab itulah, antisipasi/cara penanganan/cara mengatasi yang pertama yang dapat dilakukan oleh petaniĀ  yaitu dengan memberikan air secukupnya pada lahan bedengan (paling tidak 1/2 dari permukaan atas bedengan).

sejarah mikrobiologi tanah
Tanaman cabe dengan pertumbuhan buruk akibat tanah kelebihan kadar air di musim penghujan (Photo Original by: Wahid Priyono, S.Pd.)

Kebanyakan petani cabe yang pemula belum mnegetahui dasar-dasar pertanian ini, sehingga perlu diketahui secara bersama-sama. Baca juga: Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Cocok Ditanam Pada Saat Musim Hujan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *