Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Cocok ditanam Pada Musim Hujan

Membudayakan hidup dengan senantiasa mencintai lingkungan adalah hal yang positif. Salah satunya yaitu dengan berkebun. Bisa membuat kebun sayur dan juga kebun yang diisi oleh bibit tanaman buah-buahan. Semua yang akan ditanam tergantung juga selera dari masing-masing individu, dan tentunya sesuai hobi. Menanamnya pun sangat mudah, bisa dilakukan di pekarangan rumah, dan atau pada lahan yang cukup luas (jika ada).

Sebaiknya, untuk penanaman bibit sayur dan buah dapat dilakukan pada musim hujan. Hal ini disebabkan karena pada musim hujan, kelembaban dan ketercukupan airnya banyak, sehingga pertumbuhan tanaman jauh lebih baik. Pada musim hujan juga, akar tanaman akan lebih banyak memperoleh air penunjang tumbuh kembangnya.

Tanaman Jambu Berbuah Lebat
Tanaman Jambu Berbuah Lebat, Pernah Ditanam Saat Musim Hujan (tipspetani.com)

Pada saat musim hujan, beberapa jenis tanaman rumahan yang sangat rekomendasi untuk ditanam seperti:

  • Terong;
  • Cabe;
  • Sawi;
  • Kangkung;
  • Tomat rampai;
  • Bayam; serta
  • Tanaman buah apa saja bisa ditanaman pada musim hujan (jeruk, kelengkeng, lemon, mangga, durian, sawo, dll);

Tanaman di atas memang bagus ditanam pada musim hujan di sekitar rumah anda (baik ditanam dalam pot atau ditanam pada lahan bedengan). Saya pun demikian, akhir-akhir ini mulai sering menanam beberapa jenis tanaman buah seperti alpukat, sawo, kelengkeng, mangga, dan lain sebagainya. Apapun jenis tanamannya selama itu bagus untuk investasi masa depan, juga dapat dinikmati oleh anak cucu, sanak-saudara di kemudian hari. Jadi, tidak sia-sia jika menanam tanaman buah di lahan pekarangan rumah, sebab dapat dipetik hasil panennya di kemudian hari secara terus-menerus. Selamat berkebun di musim hujan. Manfaatkan momen baik ini di bulan Desember ! Silakan baca juga artikel berikut: Pengertian Fotosintat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *