Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Obat Yang Bagus Untuk Membasmi Rumput (Gulma) Pada Tanaman Jagung

Gulma (rumput liar) hampir menjadi keseluruhan masalah yang ada di bidang pertanian. Dengan tipe tanah yang cocok untuk pertumbuhan gulma, maka lahan tanam bisa saja dalam sekali waktu ditumbuhi gulma dalam jumlah banyak. Puncaknya, gulma akan tumbuh secara masif pada saat musim penghujan. Pada saat inilah, pertumbuhan gulma akan pesat, dan pemilik lahan tanam harus memerhatikan dampak negatif dari gulma ini jika tidak segera dihilangkan.

Pada pertanian jagung, lahan tanam sering ditumbuhi gulma-gulma liar. Bahkan jika petani tidak ulet dalam membasmi rumput liar ini maka produksi buah jagung bisa kurang maksimal. Biji jagung sering ompong, tidak berbobot, dan bahkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan terganggu. Ciri paling umum jika tanaman jagung bermasalah yaitu, porsi pertumbuhan batangnya tidak besar dan ideal. Serta tongkol jagung juga kecil-kecil itu akibat salah dalam penanganan gulma.

Tanaman jagung
Tanaman jagung, (Wahid Priyono, S.Pd.)

Gulma ini sebenarnya menjadi permasalahan utama dalam budidaya jagung. Gulma jika menumbuhi hampir di seluruh lahan tanam ini sangat tidak bagus. Sebagian besar pupuk-pupuk yang diberikan petani terhadap tanaman jagung tentu akan percuma saja jika masih ada gulma di sekitar tanaman utama yang ditanam (jagung). Maka menjauhi kompetisi pupuk antara pohon jagung dengan gulma. Gulma hampir mampu menghabiskan 1/5 unsur hara di dalam tanah dan pupuk yang diberikan. Sementara itu, tanaman jagung umumnya akan mendapatkan sisa unsur hara yang sedikit, dan inilah yang menyebabkan mengapa tanaman jagung tumbuh kurus, tongkol jagung kecil dan buahnya tidak berisi. Bahkan, ditemukan di lapangan ada petani yang menemukan jarang sekali dalam satu pohon mampu menghasilkan buah jagung yang banyak. Ini terjadi karena gulma yang dibiarkan tumbuh di sekitar lahan tanam jagung oleh petani.

Tanaman jagung dijaga dari gulma
Tanaman jagung dijaga dari gulma, (Wahid Priyono, S.Pd.)

Maka dari itu, langkah preventif/pencegahan dan pembasmian gulma sangat penting. Dan saya akan membagikan ilmu bagaimana cara untuk membasmi rumput liar pada tanaman jagung yang baik dan benar, serta hasilnya akan jauh lebih efektif. Langkah-langkahnya yaitu gunakan beberapa merek obat pembunuh rumput liar pada jagung yang bagus yaitu:

  • Convay;
  • Kayabas;
  • Kalaris;

3 obat pertanian di atas menurut review dan hasil analisa yang pernah saya terapkan pada pertanian jagung sangat efektif untuk membunuh gulma. Aplikasinya sama halnya dengan cara umum lainnya yaitu dengan disemprot pada gulma. Dan aplikasinya paling bagus yaitu siang/sore saat cuaca cerah. Gunakan 1 jenis obat pembasmi gulma di atas, misalnya menggunakan kayabas saja atau convay maupun kalaris. Saya lebih rekomended ke Kayabas dan Convay karena membuat gulma lebih kering dan mati dalam hitungan hari saja. Silakan dicoba semoga berhasil sehingga lahan tanam jagung anda akan semakin mumpuni, dan prospek hasil panen jagung jauh lebih produktif.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR