Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Manfaat Penting Bakteri Rhizobium leguminosarum pada bidang Pertanian

Bakteri Rhizobium leguminosarum merupakan jenis bakteri baik yang keberadaannya telah dimanfaatkan oleh petani untuk berbagai kepentingan. Bakteri ini dapat bersimbiosis dengan bintil akar pada tanaman legume (kacang-kacangan). Maka, penting sekali bagi petani untuk beberapa kali musim tanam melakukan rotasi tanam dengan menanam berbagai macam jenis tanaman kacang-kacangan. Tanaman kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang tunggak, kacang panjang, buncis, polong-polongan terbukti mampu bersimbiosis dengan bakter R. leguminosarum. Pengikatan senyawa Nitrogen bebas di udara juga dilakukan oleh bakteri tersebut.

Pohon Kacang Tunggak
Pohon Kacang Tunggak yang dapat Bersimbiosis dengan Bakteri Rhizobium leguminosarum. (Dokumentasi Foto Oleh: Wahid Priyono,S.Pd).

Di alam, bakteri Rhizobium leguminosarum banyak berjasa dalam mengonversi senyawa Nitrogen bebas menjadi senyawa nitrat dan nitrit yang dimanfaatkan oleh tumbuhan. Bakteri ini juga mempertahankan siklus nitrogen di alam untuk terus berjalan, sebab tanpa adanya peran dan fungsi dari bakteri ini, maka tumbuhan tidak dapat langsung memperoleh unsur Nitrogen (N) untuk aktivitas fisiologisnya.

Selain itu, bakteri Rhizobium leguminosarum juga mampu mempertahankan tekstur tanah tetap lembab, dan juga menyuburkan tanah pertanian. Maka, bagi para ramaja, bapak dan ibu tani, mari kita bersama-sama melakukan gerakan menanam kacang-kacangan untuk mengundang bakteri R. leguminosarum hadir di lahan pertanian kita. Silakan baca juga: Penjelasan Pengaruh yang Merugikan dengan Adanya Gulma Pada Lahan Pertanian.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR