Lama Ideal Merendam Bibit/Benih/Biji Cabe Sebelum Disemai

Sebelum disemai, beberapa jenis benih tanaman harus direndam terlebih dahulu. Perendaman bibit ini bertujuan agar kadar air dalam biji/benih semakin meningkat, sehingga ketika disemai nantinya proses perkecambahan biji cepat tumbuh. Biasanya ada petani dengan teknik tertentu memanfaatkan herbisida/fungisida untuk merendam benih/biji. Namun idealnya, untuk lama perendaman biji/benih cabe ini kisaran 3-4 jam. Baru kemudian benih/biji ditiriskan terlebih dahulu sebelum disemai. Namun, setiap benih berbeda-beda waktu perendamannya. Misalnya pada benih padi bisa memakan waktu lebih dari 3 hari sebelum disemai di lahan bedengan.

Untuk penyemaian benih cabe setelah direndam, sebaiknya penyemaian yang paling bagus yaitu dengan menggunakan kain basah/lembab. Jadi, benih cabe setelah direndam dan ditiriskan kemudian diletakkan pada kain yang lembab. Tunggu sampai dengan 2 atau 3 hari, umumnya bibit akan mulai berkecambah dan tumbuh. Bibit yang sudah berkecambah kemudian bisa langsung dipindahkan ke wadah polybag untuk ditanam satu persatu.

Proses perkecambahan biji
Proses perkecambahan biji pada cabe (Foto Original Oleh: Wahid Priyono,S.Pd.)

Namun, ada beberapa petani yang suka menyemai cabe pada lahan bedengan yang didesain sedemikian rupa. Lahan penyemaian umumnya berbentuk persegi memanjang. Kemudian setelah biji cabe direndam dan ditiriskan, lalu kemudian benih disebar secara merata di atas lahan bedengan. Terakhir, benih yang sudah disebar kemudian ditutupi dengan tanah humus/kompos secara tipis-tipis barulah kemudian disiram perlahan. Setelah itu, lahan bedengan umumnya dibuatkan rumah-rumahan berbahan plastik di atasnya. Di sisi kanan kiri, depan-belakang bedengan ditutup dengan kawat atau jaring-jaring untuk mencegah agar tanaman mudah/bibit nantinya tidak mudah rusak oleh serangga, diinjak ayam, dll. Silakan baca juga: Penyebab Buah Cabe Mudah Busuk Pada Saat Musim Hujan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *