Jenis Pupuk Cabe yang Bagus Untuk Tanaman Cabe

Membudidaya tanaman cabe pasti melewati tahap perawatan tanaman, yaitu pemupukan. Pada saat kegiatan pemupukan tanaman cabe, beberapa jenis pupuk tertentu pasti diberikan kepada tanaman cabe agar tanaman cabe tumbuh secara optimal.

Namun, dalam kegiatan pemupukan tanaman cabe anda juga penting sekali mengetahui bagaimana cara dalam pemberian pupuk untuk masa-masa pertumbuhan tanaman cabe, baik pada saat tanaman cabe masa perkecambahan, masa perawatan, hingga ke tahap pemberian pupuk ketika tanaman sudah beranjak dewasa dan menghasilkan organ tanaman utuh.

  1. Pemupukan Cabe Umur 1 – 30 hari

Pada masa semai cabe sebaiknya petani harus memberikan tanaman dengan pupuk organik dari tahi ayam kering yang kemudian dicampurkan dengan tanah bedengan. Perbandingan persentase jumlah tanah dengan kotoran tahi ayam kering adalah= 3:1. Pemupukan organik ini diberikan pada saat tanaman cabe berumur muda di bawah umur 30 hari.

Perlu menjadi catatan bahwa jangan sekali-kali memberi pupuk anorganik misalnya urea, TSP, KCL untuk tanaman cabe yang baru semai, atau baru dipindahkan dalam wadah pot polybag, karena hal tersebut akan membuat tanaman yang baru saja berkecambah akan cepat mati. Tanaman cabe yang masih mudah membutuhkan waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan tempat dan senyawa kimia tertentu.

Tanaman Cabe Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Berbuah Lebat, Photo by: Tipspetani.com

Sebaiknya untuk pemupukan anorganik dilakukan setelah tanaman setidaknya berumur di atas 1 bulan, dimana pada saat itu tanaman telah mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan barunya (tempat ia tumbuh).

  1. Pemupukan Cabe Umur 1 bulan s.d 3 bulan

Setelah pemupukan organik di bawah umur tanaman 1 bulan, maka pada bulan-bulan berikutnya yaitu tanaman cabe secara fisiologis telah siap untuk dimanja-manja secara bebas, artinya bisa diberikan pupuk organik maupun pupuk anorganik. Seandainya pemberian pupuk anorganik, maka anda bisa memberikan jenis pupuk seperti urea, larutan pupuk phonska cair, pupuk TSP, pupuk NPK mutiara

 

3. Pemupukan Cabe Menjelang Tanaman Berbunga dan Berbuah

Pada saat tanaman cabe sudah memasuki masa pembungaan, menjelang pembuahan, maka anda dapat memberikan tanaman cabe dengan berbagai macam unsur hara yang didapat dari pupuk tanaman tertentu, maka pada umur tanaman menginjak masa pembungaan dan berbuah, maka sebaiknya berikan saja secara rutin pupuk organik cair dari larutan pupuk phonska cair. Selengkapnya bisa anda baca pada artikel berikut ini: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe.

PESAN SPONSOR