Cara Membuat Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat

Banyak sekali pupuk yang dijual di pasaran, baik itu dari jenis pupuk organik maupun pupuk anorganik. Namun, adakalanya juga petani menambahkan pupuk cair maupun pupuk padat guna menunjang laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe itu sendiri.

Organ tanaman seperti akar, batang, daun, bunga, dan buah akan lebih cepat tumbuh dan berkembang jika diberi tambahan pupuk cair, dalam hal ini adalah diberikan larutan pupuk phonska cair.

Morfologi Tanaman Cabe
Morfologi Tanaman Cabe dengan Phonka Cair, Photo: Ichin Sembalun

Pupuk phonska merupakah salah satu jenis pupuk anorganik yang sebagian besar petani cabe telah menganggap sebagai pupuk racikan paling bagus bagi tanaman. Selain itu, dengan pupuk phonsca telah dipercaya petani mampu merangsang pertumbuhan akar, batang, daun, bunga, serta membuat tanaman cabe memiliki buah yang sangat lebat sekali. Larutan pupuk phonska cair pernah dipraktekan oleh petani cabe di daerah Natar, Kabupaten Lampung Selatan, dan hasilnya sangat bagus sekali. Anda juga boleh bereksperimen untuk mendapatkan hasil serupa.

Pohon Cabe Berbuah Lebat dengan Phonska Cair
Pohon Cabe Berbuah Lebat dengan Phonska Cair,: Praktek oleh: Muslehudien

Para petani cabe, umumnya mereka memberikan pupuk phonska dengan cara diencerkan, atau dalam bentuk cair. Jadi, larutan pupuk phonska cair tersebut disiramkan tepat di bawah pusat tumbuh tanaman (pada bagian organ akarnya).

A. Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair

Adapun langkah/tahapan dari cara pembuatan larutan pupuk phonska cair menurut website: http://guruilmuan.blogspot.co.id/ adalah sebagai berikut:

  • Untuk membuat larutan phonska cair tetap menggunakan pupuk anorganis lainnya, seperti menyiapkan: pupuk SP sebanyak 1 kg, pupuk KCL sebanyak 1 kg, dan pupuk phonska sebanyak 2 kg;
  • Siapkan air bersih dalam beberapa ember besar;
  • Masukan air bersih sebanyak 8 Liter ke dalam ember lainnya, lalu masukan juga masing-masing pupuk SP 1 kg, pupuk KCL 1kg, pupuk phonska 2 kg ke dalam air di dalam ember tersebut, kemudian aduk hingga merata sehingga menjadi larutan phonska yang siap digunakan;
  • Sampai tahap ini anda telah berhasil membuat larutan pupuk phonska cair, sangat mudah kan?

B. Cara Penggunaan Larutan Pupuk Phonska Cair

Setelah anda berhasil membuat larutan phonska cair, maka pada tahapan ini anda akan dijelaskan tentang bagaimana cara terbaik untuk mengaplikasikan larutan phonska untuk tanaman, khususnya untuk tanaman cabe yang sedang dalam masa pertumbuhan. Caranya adalah:

  • Pada point pertama tentang pembuatan larutan phonska cair, kita telah berhasil membuat larutannya. Jadi adonan, 8 Liter dibagi-bagi untuk tiap kali penggunaannya. Sebagai prakteknya: Ambil 1 Liter dari 8 Liter adonan pupuk phonska yang telah dibuat, kemudian campurkan dengan air bersih sebanyak 20 Liter. Jadi jika kita membuat 8 Liter adonan phonska cair, maka pada saat akan dikocor kita membutuhkan sebanyak 160 Liter air. Tujuan dari pengenceran larutan phonska dengan air supaya ketika diberikan pada tumbuhan maka akarnya tidak panas dan mudah mati;
  • Setelah adonan phonska diencerkan dengan 1 Liter air atau lebih (sesuai kebutuhan), maka selanjutnya adalah memasukan larutan yang telah diencerkan tersebut ke dalam alat penyemprot, lalu semprotkan pada bagian akar tiap-tiap tanaman (penyemprotan harus tepat di bawah akarnya). Penggunaan adonan phonska cair bisa menggunakan gayung. Untuk 1 tanaman cukup diberikan 1/2 gayung larutan phonska yang telah diencerkan dengan air sesuai ketentuan yang telah dijelaskan di atas;
  • Jika larutan phonska telah habis, anda bisa membuatnya secara berulang sesuai kebutuhan;
  • Dengan mencoba mengikuti langkah di atas, mudah-mudahan tanaman cabe anda akan lekas mempunyai organ tanaman yang sehat, subur, kuat, dan mampu memproduksi buah yang lebat dan berkualitas tinggi (hight quality), silakan dipraktekan, semoga berhasil;
  • Sebagai tambahan informasi bahwa, untuk pemberian larutan pupuk phonska cair ini wajib diberikan pada tanaman berumur 1 – 3 bulan dalam perawatan intensif. Berikan larutan phonska cair tersebut pada umur tanaman cabe sejak 20 hari sejak bibit dipindahkan ke bedengan bermulsa, juga berikan pada saat tanaman cabe berumur 40 hari, umur 60 hari, dan umur 80 hari. Anda juga bisa memberikan tambahan pupuk organik pada masa tanam awal cabe di lahan bedengan untuk menambahkan beberapa unsur hara penting seperti Nitrogen (N), Magnesium (Mg), Kalium (K), Kalsium (Ca), dan Molibdenum.

Itulah tadi informasi tentang bagaimana cara pembuatan larutan pupuk phonska cair, semoga langkah-langkah/panduan/tutorial yang dijelaskan di atas dapat berguna untuk rekan-rekan petani di Indonesia. Salam berkebun, ayo bertani dan menanam !

69 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *