Jarak Tanam Tomat Rampai dan Tomat Besar yang Baik dan Benar/Ideal

Mengetahui jarak tanam tomat rampai maupun tomat besar sangatlah penting, terutama bagi anda yang memang hobi berkebun tomat baik di wadah polybag, maupun yang ditanam di lahan persawahan atau pekarangan rumah. Sebenarnya tomat rampai dan tomat besar juga bisa ditanam secara vertikultur menggunakan paralon atau menggunakan teknik hidroponik. Namun, semua cara tersebut bisa dicoba sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Jarak tomat rampai dan tomat besar yang baik dan benar/ideal yaitu 40-45 cm, namun anda bisa menambahkan jaraknya menjadi 50 cm antar tanaman satu dengan tanaman tomat lainnya. Namun, kebanyakan para petani tomat lebih memilih jarak tanam 45 cm, karena kemudahan dalam hal penyiangan dan pendangiran tanaman nantinya. Namun, semua itu tergantung pilihan anda, dan anda bisa mencoba dari jarak tanam yang saya sebutkan tersebut.

Tanaman Tomat Besar Berbuah Lebat
Tanaman Tomat Besar Berbuah Lebat. Photo Kontributor Oleh: Member Komunitas Petani Tomat Indonesia.

Mengetahui jarak tanam tomat memanglah penting dan bisa menjadi acuan bagi seorang petani untuk membuat strategi menanam yang baik. Karena jika proses menanam yang didasarkan pada fakta atau pengalaman orang yang pernah lebih dulu mencobanya, maka peluang keberhasilan akan tinggi.

Sehingga, dengan mengikuti jarak tanam tomat yang telah saya sebutkan di atas, semoga pertanian tomat anda semakin sukses dan berkah. Dan saya sendiri memang seringsekali berkebun tomat rampai bersama ayah saya, dan memang kami memiliki hobi berkebun dan menanam berbagai macam jenis tanaman sayur mayur dan tomat tentunya. Silakan anda pelajari dan baca artikel berikut, klik: Jarak Tanam Bayam di Lahan Bedengan yang Baik dan Benar.

PESAN SPONSOR