Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Ciri-Ciri Khusus Tanaman Cabai Terserang Hama Thrips

Jenis hama maupun penyakit yang seringkali menyerang tanaman pertanian memang terbilang cukup bervariasi, sehingga dalam pengendaliannya dibutuhkan kebijakan serius dari petani, serta membeli/menggunakan produk obat pertanian secara tepat.

Berbicara tentang tanaman cabai yang terserang hama thrips, biasanya akan memunculkan tanda-tanda khusus, seperti: Pada daun cabenya akan nampak terdapat garis-garis keperakan, terdapat bercak-bercak kuning hingga kecoklatan. Selain itu, tanaman/pohon cabe yang terserang hama trips biasanya pertumbuhannya kerdil dan pada musim kemarau (kering), maka serangan hama trips ini akan hebat.

Oleh masyarakat petani di Indonesia, hama trips ini dikenal sebagai agen pembawa virus dan epidemi (penyebaran) sangat cepat dan terkadang para petani sangat kuwalahan (sulit sekali) untuk mengendalikan hama thrips tersebut.

pemasangan tiang ajir pada tanaman cabe menggunakan bilah bambu yang dipotong-potong, (Wahid Priyono, S.Pd.)
tanaman cabai subur dan terbebas dari hama dan penyakit serius, (Wahid Priyono, S.Pd.)

Namun, anda tidak perlu panik jika tanaman cabe di kebun anda telah menderita penyakit thrips, yakni anda dapat melakukan pengendalian hama trips baik secara teknik maupun kimiawi.

  • Pengendalian hama trips secara teknis (alamiah), yakni dengan memanfaatkan predator alami dari hama trips tersebut, seperti kepik dan kumbang. Pemakaian mulsa dan menjaga kebersihan kebun cabai terbukti sangat efektif untuk menekan perkembangannya. Selain itu, penerapan teknik rotasi tanam juga sangat bagus untuk menekan angka perkembangan dari hama jenis trips yang sangat membahayakan bagi pertanian cabe di Indonesia;
  • Pengendalian hama thrips secara kimiawi, yakni dengan melakukan penyemprotan tanaman cabe dengan insektisida khusus hama trips yang banyak dijual di pasaran. Penyemprotan dilakukan jika serangan trips meluas. Gunakanlah insektisida dengan bahan aktif fipronil, dan sebaiknya penyemprotan dilakukan pada waktu sore hari.

Itulah tadi penjelasan tentang ciri umum tanaman cabe terserang hama trips dan bagaimana cara tepat dalam pengendaliannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca juga: Cara Mengatasi Busuk Cabang dan Kuncup Pada Tanaman Cabai.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR