Ciri-Ciri Etiolasi Pada Tumbuhan

Peristiwa etiolasi merupakan peristiwa pertumbuhan tanaman terjadi secara singkat di tempat yang lebih gelap (tanpa cahaya). Percepatan pertumbuhan ini terjadi karena akumulasi hormon auksin di tempat gelap lebih banyak bekerja dibandingkan di tempat yang lebih terang.

Dalam kondisi etiolasi, tanaman akan mengalami perkecambahan biji jauh lebih cepat dibanding di tempat terang (terkena cahaya). Etiolasi juga bisa diartikan sebagai percepatan pertumbuhan tanaman akibat daya dukung auksin meningkat. Efek baiknya, etiolasi lebih mengarah pada percepatan tumbuh. Tanaman yang mengalami peristiwa etiolasi mempunyai ukuran batang yang tinggi-tinggi (memiliki ukuran tidak normal dari ukuran normal tumbuhan itu sendiri, akarnya lebih kecil dan panjang, serta warna daun yang sedikit pucat sebab pigmen klorofil lebih rendah dibandingkan di tempat yang terang.

Tanaman Terong Tumbuh Subur di Tempat Terang Tanpa Etiolasi
Tanaman Terong Tumbuh Subur di Tempat Terang Tanpa Etiolasi (Dokumentasi Oleh: Wahid Priyono,S.Pd.)

Lain halnya jika benih/biji dikecambahkan di tempat terang, maka secara pasti akan didapat tanaman dengan organ daun berwarna lebih hijau karena lebih banyak berinterasi dengan cahaya matahari. Fotosintesis tentu saja membutuhkan cahaya dan pigmen klorofil. Semakin sering tanaman berfotosintesis, maka pertumbuhannya akan lebih lama daripada yang diletakkan di tempat gelap.

Peristiwa etiolasi pada tanaman juga akan merangsang peningkatan jumlah fitohormon auksin di areal batang untuk tumbuh lebih cepat. Silakan baca juga: Faktor Pembibitan Biji (Penyemaian Benih) yang Harus Diperhatikan.

PESAN SPONSOR