Cara/Upaya Agar Daun Cabai Tetap Lebar dan Berwarna Hijau Segar

Banyak para petani cabe di daerah yang menginginkan daun cabe/cabai yang mereka tanam tersebut tetap lebar, atau tidak menyusut seiring bertambahnya umur tanaman. Selain itu, banyak petani yang bertanya tentang bagaimana cara agar daun cabe tetap berwarna hijau segar. Sebenernya, banyak sekali cara yang bisa ditempuh oleh petani untuk menangani hal ini. Salah satunya fokus pada pemberian pupuk yang membuat daun cabe tetap hijau, lebar meskipun sudah bertambah umurnya.

Pupuk yang saya rekomendasikan agar daun cabai tetap lebar dan berwarna hijau segar yaitu NPK mutiara, larutan phonska cair, TSP, urea, KCL. Dari pupuk-pupuk tersebut bisa diberikan saat tanaman menginjak umur +20 hst (secara bergantian per 2 minggu/selang-seling untuk hasil lebih optimal. Sementara untuk pupuk phonska cair sebaiknya diberikan saat tanaman cabe mulai menginjak waktu pembungaan dan pembuahan. Dengan pemberian pupuk ini, maka organ tanaman cabe akan terawat dengan baik. Dan pada akhirnya hasil panen meningkat.

Daun cabe tetap lebar, berwarna hijau dan berbuah lebat
Daun cabe tetap lebar, berwarna hijau dan berbuah lebat, (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.)

Selain itu, memberikan ketercukupan air pada tanaman juga penting, yaitu penyiraman. Penyiraman dilakukan ketika lahan tanam cabe benar-benar kering, sehingga tanaman perlu ditambahkan air agar tidak dehidrasi. Sama halnya seperti manusia yang membutuhkan air pada kondisi-kondisi tertentu agar tubuh tetap fit, sehat, dan menjalankan metabolisme secara baik.

Faktor-faktor yang telah disebutkan di atas sebaiknya memang benar-benar dikerjakan oleh petani. Sehingga bertani tidak hanya sebatas memperoleh hasil panen banyak, tapi lebih mempelajari proses agar menimbah banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman. Semoga bermanfaat.

PESAN SPONSOR