Cara/Teknik Penyiangan dan Pendangiran Pada Tanaman Jeruk Agar Cepat Berbuah Lebat

Cara/teknik penyiangan dan pendangiran pada tanaman jeruk harus dilaksanakan dengan benar pada saat budidaya jeruk. Hal ini dimaksudkan agar tanaman terawat secara optimal. Hasilnya, tanaman jeruk akan jauh lebih subur serta produktivitas tanaman akan meningkat. Tentu saja, kejadian ini bisa terlihat pada saat panen nantinya. Dan pendangiran maupun penyiangan akan semakin baik jika dioptimalkan selama masa hidup pohon jeruk tersebut.

Sama halnya seperti tanaman perkebunan lainnya. Tanaman jeruk membutuhkan penyiangan dan seklaigus pendangiran. Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut/mengoret rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman jeruk. Penyiangan ini bisa dilakukan dengan metode mencabut gulma/rumput liar tersebut. Bisa menggunakan cara manual mencabutnya dengan tangan, atau bisa menggunakan alat pengoret, seperti cangkul kecil khusus penyiangan, pencong, atau perkakas lainnya yang relevan.

Pohon jeruk berbuah lebat dengan cara dilakukan penyiangan dan pendangiran secara rutin
Pohon jeruk berbuah lebat dengan cara dilakukan penyiangan dan pendangiran secara rutin, Dokumentasi Oleh: Wahid Priyono, S.Pd.

Kegiatan penyiangan gulma pada tanaman jeruk bertujuan untuk menghentikan perkembangan gulma, serta hama dan penyakit. Selain itu, memutus persaingan (kompetisi yang tidak sehat antara gulma dan pohon jeruk dalam hal penyerapan nutrisi hara). Gulma yang sudah dicabut/disiang, kemudian dikumpulkan pada wadah khusus, misalnya bak atau ember. Kemudian gulma dibakar untuk mencegah perkecambahan bijinya.

Sebaiknya, setelah penyiangan dilakukan, maka lakukan juga kegiatan pendangiran. Kegiatan pendangiran sangat berbeda dengan penyiangan, namun kedua erat berkaitan. Pendangiran pada tanaman jeruk cukup melakukan penggemburan tanah. Caranya yaitu dengan mencangkul kecil-kecil tanah di sekitar tempat tumbuhnya pohon jeruk. Setelah tanah dipastikan gembur dan terbebas dari gulma, maka lakukan penyiraman tanaman secukupnya. Pastikan tanah pada lokasi tumbuhnya jeruk tetap lembab.

Pohon jeruk berbuah lebat di kebunku
Pohon jeruk berbuah lebat di kebunku, Dokumentasi oleh: Wahid Priyono, S.Pd.

Kegiatan Penyiangan dan pendangiran pada tanaman jeruk sebaiknya dilakukan sesering mungkin, minimal 2 minggu sekali. Jika tumbuh gulma secara mendadak, maka melakukan penyiangan bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Lakukan juga hal berikut setelah pendangiran dan penyiangan: Cara/Teknik Pemupukan Pohon Jeruk Agar Cepat Berbuah Lebat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *