Cara/Teknik Pemupukan Pohon Jeruk Agar Cepat Berbuah Lebat

Dalam membudidaya tanaman jeruk agar cepat berbuah lebat, maka penting sekali memperhatikan langkah dalam perawatannya. Adapun perawatannya meliputi: penyiraman, pendangiran, penyiangan dari gulma, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, sampai pada pengaturan aerasi tanah.

Khusus spesifik untuk pemupukan tanaman jeruk yang sering berbuah namun tidak maksimal akan dibagikan trik atau caranya. Berikut ini cara pemupukan pohon jeruk saat memasuki usia produktif (yang sudah mulai berbuah).

  • Untuk pohon jeruk di atas umur 1 – 3 tahun, maka secara rutin setiap 1 bulan sekali dipupuk dengan KCL campur NPK mutiara masing-masing 0,5 kg/tanaman. Caranya buat larikan secara melingkar pada tanaman, lalu masukkan pupuk tersebut ke dalam lubang tanam;
  • Untuk tanaman jeruk umur di atas 3 – 5 tahun. Maka secara rutin setiap 1/2 bulan sekali diberikan pupuk NPK dan KCL masing-masing 0,5 kg/tanaman. Aplikasinya dengan cara dibuat larikan melingkari tanaman, lalu pupuk dipendam dilarikan.
  • Untuk pohon jeruk di atas umur 5 tahun dan sering berbuah. Maka, agar rutin berbuah lebat, cukup tambahkan pupuk KCL, NPK, dan TSP masing-masing 0,2 kg. Campur ketiga pupuk tersebut jadi satu, lalu masukkan pada larikan yang melingkari tanaman.

Dan dari aplikasi yang saya praktekan, maka hasil buah tanaman jeruk akan seperti yang saya tanam di bawah ini:

Pohon jeruk berbuah lebat dengan pemupukan yang bagus
Pohon jeruk berbuah lebat dengan pemupukan yang bagus, (Foto dokumentasi oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)
Pohon jeruk manis berbuah lebat di kebunku
Pohon jeruk manis berbuah lebat di kebunku, Dokumentasi Oleh: Wahid Priyono, S.Pd.

 

Semoga informasi di atas bermanfaat. Silakan baca juga: Panduan/Cara Lengkap Budidaya Kelapa Sawit.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *