Cara Penyiangan dan Pendangiran Tanaman Melon secara Baik dan Benar

Penyiangan merupakan kegiatan memberantas gulma/rumput liar secara manual tanpa melibatkan senyawa kimia semisal pestisida. Penyiangan dapat dilakukan menggunakan perkakas/alat seperti cangkul kecil, pencong, atau manual dicabut menggunakan tangan. Namun, beberapa petani melon dan hortikultur di daerah pedesaan sering melakukan penyiangan menggunakan tangan, atau menggunakan alat cangkul dan pencong.

Pada beberapa lahan, misalnya lahan bedengan yang diberikan mulsa plastik, maka penyiangan jauh lebih efisien. Dibandingkan jika penyiangan pada lahan bedengan terbuka tanpa mulsa. Penyiangan pada lahan bermulsa tidak begitu rumit, karena biasanya gulma hanya ada pada sekitaran lubang tanam. Sementara itu, untuk di bagian bawah bedengan mungkin saja gulma namun tidak berpengaruh terhadap tanaman. Namun, pada lahan bedengan terbuka biasanya gulma cukup meresahkan petani, sebab pertumbuhannya meningkat drastis apalagi pada musim hujan. Pada musim hujan, intensitas air meningkat pada bagian lapisan bawah dan atas tanah, dan mempengaruhi perkecambahan biji. Sehingga biji-biji atau spora pada gulma dapat tumbuh lebih cepat.

cara menanam melon agar berbuah lebat
Buah melon berbuah lebat (Foto Dokumentasi Oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)

Pada tanaman melon, penyiangan dan pendangiran yang dilakukan pada dasarnya sama denganĀ  penyiangan pada tanaman pangan, buah, maupun sayur. Pendagiran dilakukan dengan cara menggemburkan lahan tanam tanpa melukai bagian akar tanaman. Sementara itu, penyiangan dilakukan dengan cara/teknik/metode mencabut gulma, mengoret atau sembari melakukan pendangiran. Jika sudah dilakukan penyiangan, biasanya tanaman melon akan tumbuh subur dan buahnya jauh lebih sempurna. Jika penyiangan tidak dilakukan, maka perebutan unsur hara secara kompetisi akan terjadi antara tanaman melon dengan gulma. Jika gulma yang diuntungkan, maka pasokan makanan dan unsur hara dari dalam tanah habis diserap gulma. Efeknya adalah tanaman melon bisa saja pertumbuhan dan perkembangan terganggu, batang kecil, akar sulit tumbuh, jarang ada bunga dan buah. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil panen nantinya. Maka, penyiangan yang diikuti dengan pendangiran adalah mutlak suatu hal yang harus dikerjakan petani agar tanaman melon tumbuh subur. Silakan baca juga: Jarak Tanam Terong Lalap, Terong Ungu, dan Lain Sebagainya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *