Cara Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman TOMAT

Pendangiran dan penyiangan pada tanaman tomat memang sebaiknya dilakukan oleh petani untuk meningkatkan produktivitas panen. Produktivitas panen (buah) yang bagus dan berkualitas adalah kunci sukses budidaya tomat. Dan alangkah baiknya jika pendangiran dan penyiangan selalu diterapkan pada saat budidaya tomat.

Mengambil pengertian dari pendangiran dan penyiangan. Pendangiran merupakan kegiatan yang dilakukan petani yakni menggemburkan lahan tanam hingga segembur-gemburnya. Sehingga tanah yang sudha digemburkan tersebut akan memudahkan dalam pertukaran gas oksigen di dalam tanah. Tanah gembur juga mengindikasikan bahwa tanahnya subur, apalagi jika ditambahkan pupuk di dalamnya akan jauh lebih bagus.

Pendangiran bisa dilakukan dengan menggunakan alat pendangiran khusus, seperti pencong, cangkul kecil, dan lain sebagainya. Pendangiran ini mempunyai keunggulan yakni akan meningkatkan laju pertumbuhan tanaman, serta mempercepat pembentukan organ pada tanaman untuk tumbuh secara optimal.

Sementara itu, penyiangan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh petani untuk menyingkirkan/membuang rumput-rumput liar (gulma) yang tumbuh pada tanah bedengan. Jika gulma disingkirkan, maka akan mempercepat pertumbuhan tanaman, serta mencegah tanaman budidaya dari serangan hama maupun penyakit.

Tanaman Tomat Berbuah Lebat
Tanaman Tomat Berbuah Lebat. Foto Kontributor Oleh: Komunitas Petani Palawija.

Pada tanaman tomat, mutlak sekali dilakukan pendangiran dan penyiangan. Sebenarnya penyiangan dan pendangiran bisa dilakukan sewaktu-waktu (tentatif) dengan mempertimbangkan faktor umur tanaman serta masa subur tanaman. Faktor umur tanaman maksudnya dalam pendangiran harus mempertimbangkan umur tanaman. Pendangiran terlalu dini juga tidak bagus, kecuali jika penyiangan lebih dini akan jauh lebih bagus untuk mencegah pertumbuhan gulma dalam jumlah besar. Mempertimbangkan masa subur tanaman penting, dan ini dapat dilakukan melalui studi pengamatan langsung di lapangan. Jika pertumbuhan tanaman tomat lambat, maka bisa segera dilakukan pendangiran supaya struktur tanahnya semakin bagus. Dan sebaiknya juga untuk menambahkan sejumlah pupuk organik dan anorganis agar pertumbuhan tanaman tomat jauh lebih bagus.

Saat pendangiran tanaman tomat bisa dilakukan bersamaan dengan penyiangan. Pastikan saat pendangiran tanah bedengan menjadi gembur. Namun, perlu dilakukan berhati-hati, mengingat seringnya petani tergesah-gesah saat pendangiran maupun penyiangan yang berakibat akar tanaman menjadi rusak.

Jika penyiangan dan pendangiran dilakukan secara baik dan benar, maka laju pertumbuhan tanaman tomat/tanaman budidaya akan semakin bagus, dan tentunya produktivitas hasil panen (buahnya) menjadi lebat. Semoga informasi di atas berguna untuk anda. Silakan baca panduan: Cara Mengeringkan Bibit Jagung Dari Pohonnya Langsung.

PESAN SPONSOR