Cara Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Mentimun

Sama halnya dengan cara pendangiran dan penyiangan pada tanaman tomat, maka tanaman mentimun juga memerlukan pendangiran dan penyiangan. Sebab, kegiatan pendangiran dan penyiangan adalah dua hal yang begitu penting untuk menunjang laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya.

Pendangiran pada tanaman mentimun merupakan kegiatan yang dilakukan petani untuk menggemburkan lahan tanam bedengan sedemikian rupa. Penggemburan lahan juga ternyata mampu merangsang tanaman mentimun untuk tumbuh secara optimal. Gunakan alat pendangiran seperti cangkul kecil, pencong, dan sejenisnya untuk melakukan pendangiran. Sementara itu, penyiangan yang dilakukan petani dengan membuang/menyabut/membasmi rumput liar (gulma) juga akan memberi kesan rapih dan lingkungan yang bersih bagi tanaman. Gunakan alat penyiangan seperti cangkul kecil, alat pengoret/penyiangan khusus gulma, dan lain sebagainya.

Tanaman Mentimun Berbuah Lebat Karena Lahannya Terbebas Gulma
Tanaman Mentimun Berbuah Lebat Karena Lahannya Terbebas Gulma. Foto Kontributor Oleh: Komunitas Petani Palawija

Gulma yang yang dibiarkan tumbuh begitu saja akan memungkinkan terjadinya perebutan nutrisi (kompetisi nutrisi) antara tanaman mentimun dengan gulma. Hama dan penyakit seringkali muncul pada lahan tanam yang dipenuhi gulma. Oleh sebab itu, penting sekali bagi petani untuk senantiasa merawat tanaman budidayanya secara baik dan benar yakni melalui kegiatan penyiangan dan penangiran.

Apabila para petani senantiasa membiasakan untuk terus melakukan pendangiran dan penyiangan maka hasil panen akan jauh lebih bagus dan berkualitas. Selamat mencoba. Silakan baca juga ilmu pertanian berikut ini: Jarak Tanam Jagung, Cabe, dan Kacang Tanah yang Baik dan Benar.

PESAN SPONSOR