Cara Penyiangan, Pendangiran, dan Pembumbunan Pada Tanaman Kencur, Jahe, Lengkuas, dan Kunyit

Beberapa jenis tanaman pertanian perlu sekali dilakukan penyiangan, pendangiran, serta pembumbunan. Beberapa contoh tanamannya yakni kencur, jahe, lengkuas, dan kunyit. Semua tanaman ini merupakan jenis tanaman ini sangat adaptif jika dilakukan penyiangan, pendangiran maupun pembumbunan secara berkala.

Pendangiran dan penyiangan pada kencur, jahe, lengkuas, dan kunyit dilakukan dengan cara/teknik/metode  menggemburkan lahan tanam di sekitar pusat tumbuh tanaman. Penggemburan lahan tanam (tanah) setidaknya mempunyai kedalam sekitaran 5-10 cm saja. Gunakan alat seperti cangkul kecil, pencong, atau alat pendangir lainnya yang relevan. Namun, penting sekali bagi seorang petani untuk memperhatikan akar tanaman, jangan sampai rusak atau cidera setelah pendangiran dan penyiangan. Lakukan penggemburan lahan secara perlahan, sembari menaikan bagian yang digemburkan ke arah pusat tumbuh tanaman (sekitar akarnya) hingga menyerupai gundukan seperti gunung (pembumbunan).

Selama pendangiran dan pembumbunan, lakukan juga kegiatan penyiangan pada tanaman tersebut seperti membuang/mencabut gulma/rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman. Rumput liar/gulma seperti meniran, kerokot, teki, dan lainnya biasanya sangat senang tumbuh di sekitar tanaman kencur, jahe, kunyit maupun lengkuas. Sehingga gulma tersebut harus disingkirkan dari lahan tanam (bedengan). Pastikan juga rumput gulma yang sudah dibuang harus dijauhkan dari lahan pertanian. Setelah gulma kering terkena sinar matahari, maka gulma selanjutnya dapat dibakar supaya tidak menyisakan bagian spora/biji yang sewaktu-waktu dapat berkecambah jika terkena air hujan yang cukup.

budidaya kencur di lahan bedengan tumbuh subur
budidaya kencur di lahan bedengan tumbuh subur, lahan bersih terbebas dari gulma karena dilakukan penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan secara benar. (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.)

Sebenarnya penyiangan, pendangiran, dan pembumbunan pada tanaman kencur, kunyit, jahe dan lengkuas memang cukup mudah dilakukan. Setiap petani memang harus mempunyai kemampuan dasar dalam bercocok tanam, sehingga pengalaman demi pengalaman akan semakin bertambah. Semoga bermanfaat, silakan baca juga:  Pendangiran, Penyiangan, Pembumbunan Pada Tanaman Budidaya.

PESAN SPONSOR