Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Cara Pemasangan Tiang Ajir/Lanjaran/Lenjeran Sistem Tugal Pada Tanaman Tomat dan Cabe

Tiang ajir biasa juga disebut-sebut oleh petani sebagai lenjeran atau lanjaran, bahkan disebut sebagai tiang penyangga. Bahan untuk membuat tiang ajir bisa terbuat dari ranting pohon yang dipotong sesuai ukuran tertentu. Namun, petani di Indonesia lebih senang menggunakan tiang ajir yang terbuat dari bilah bambu yang dipotong-potong sesuai ukuran tertentu. Umumnya, ukuran tiang ajir untuk diaplikasikan pada tanaman tomat dan cabe berukuran panjang minimal 60 cm – 1 meter atau lebih dengan bagian ujung ajir dibuat runcing agar memudahkan saat ditancapkan ke lahan bedengan/tanah. Tiang ajir juga bisa dibeli di toko pertanian, namun tiang ajirnya terbuat dari bahan plastik.

tomat rampai diberi tiang ajir sistem tugal
tomat rampai diberi tiang ajir sistem tugal (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.)

Sistem pemberian tiang ajir pada tanaman cabe dan tomat biasanya diberikan pada tanaman cabe yang dibudidaya di lahan bedengan terbuka atau pada mulsa plastik. Sistem yang diterapkan adalah sistem pemasangan tiang ajir menggunakan sistem tugal. Sistem tugal yaitu sistem pemberian tiang ajir, dimana satu tiang ajir khusus diberikan untuk satu tanaman saja. Tiang ajir dipasang tegak lurus dengan pusat tumbuh tanaman.

Adapun cara pemasangan tiang ajir sistem tugal pada tanaman cabe maupun tomat cukup mudah yaitu:

  • Buat tiang ajir dari batang bambu yang dipotong-potong horizontal (lurus) dengan panjang sekitar 60 cm – 1 meter;
  • Pada bagian ujung tiang ajir dibuat runcing untuk memudahkan dalam penancapan di dalam tanah/lahan bedengan;
  • Tancapkan tiang ajir ke dalam tanah yang berdekatan dengan pusat dimana tanaman budidaya tumbuh;
  • Usahakan penancapan tiang ajir tidak merusak pada bagian akar tanaman cabe/tomat;
  • Antara satu tiang ajir dengan tiang ajir lainnya bisa dihubungkan dengan benang nilon agar pengaturan tanaman lebih mudah, sehingga tiang ajir akan semakin lebih kokoh;
  • Selesai.

Dengan menggunakan sistem tiang ajir tugal, maka diharapkan tanaman cabe maupun tomat akan tumbuh dan berkembang secara optimal, buahnya banyak, lebih terlihat enak, serta batang tanaman akan ditopang secara kokoh oleh tiang ajir. Sehingga pada akhirnya tanaman tidak mudah roboh jika terkena angin maupun hujan deras. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR