Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Berapa Lama Masa Tanam Jahe di Wadah Polybag?

Saat masa pandemik COVID-19 ini, masa banyak orang yang lebih menghabiskan waktu di dalam rumah. Pekerjaan kantor akibat PKKM ini dikerjakan di rumah saja. Tak heran jika untuk menghindari kebosanan maka banyak dari mereka yang menyalurkan hobinya untuk hal-hal yang produktif dan menghasilkan cuan.

Salah satu caranya yang saya lakukan adalah berkebun jahe di samping halaman rumah. Saya melakukan budidaya jahe dengan cara ditanam di wadah polybag. Masa tanam jahe di wadah polybag terbilang cukup cepat sekitaran 3 bulan saja. Karena masa tanam awal hingga akhir mendekati waktu panen hanya 3 bulan ini nyatanya cukup cepat.

Ciri Jahe Siap Dipanen

Dalam proses penanaman jahe ini penting sekali melakukan perawatan seperti:

  • penyiangan, yaitu melakukan pencabutan manual rumput atau gulma di sekitar media tanam polybag;
  • pendangiran, setiap 2 minggu sekali bisa dilakukan penggemburan lahan tanam/media sembari melakukan penyiangan;
  • pemupukan, yaitu memberikan jenis pupuk yang baik untuk tanaman jahe seperti pupuk dari kotoran ternak ayam, sapi atau kambing. Bisa dibaca penjelasannya disini: Pupuk yang Bagus untuk Tanaman Jahe;
  • penyiraman, yaitu memberikan kecukupan air pada media tanam sehingga tanahnya akan semakin lembab. Penyiraman menurut saya lebih diperbanyak saat satu bulan pertama, namun untuk bulan selanjutnya hingga panen maka penyiraman frekuensinya bisa dikurangi (sesuai kebutuhan saja, artinya melihat saja jika tanahnya memang benar-benar telah kering);

Itulah penjelasan tentang masa tanam jahe dan cara mudah yang saya lakukan ketika budidaya jahe dan perawatannya. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR