Pengertian dan Contoh-Contoh Bertanam Sistem Tumpang Sari

Jenis pertanian yang sering dicoba petani berbeda-beda, salah satunya adalah bertanam dengan sistem tumpang sari. Pengertian dari sistem tumpang sari merupakan tipe pertanian yang dilakukan dengan menanam satu atau lebih tanaman dalam satu lahan tanam.

Masyarakat petani di Indonesia menyebut sistem pertanian tumpang sari yakni dengan sistem selingan. Arti dari “sistem selingan” adalah menanam satu atau lebih tanaman di tengah-tengah tanaman pokok. Dan memang secara kualitas sistem pertanian tumpang sari ada baiknya juga.

Tanaman Cabe Tumbuh Optimal dengan Buah Banyak Karena Lahan Tanam Terbebas dari Gulma
Tanaman Cabe Tumbuh Optimal dengan Buah Banyak Karena Lahan Tanam Terbebas dari Gulma. (Tipspetani.com)

Pertanian menggunakan sistem/metode/teknik tumpang sari ini tergolong sistem yang paling mudah, dan terkesan lebih konvensional. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan mampu meningkatkan produktivitas hasil panen para petani.

Adapun contoh-contoh serta cara bertanam sistem tumpang sari yang biasa dilakukan oleh mahasiswa di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam studi lapangan, penelitian ilmiah, misalnya:

  • Tanaman pokok kacang panjang, maka tanaman tumpang sarinya adalah tomat atau cabe;
  • Tanaman pokok jagung, maka tanaman tumpang sarinya bisa ubi jalar, tomat, cabe, atau kedelai;
  • Tanaman pokok kedelai, maka tanaman tumpang sarinya bisa berupa ubi jalar, kacang tanah, dan yang lainnya;
  • Tanaman pokok tomat/cabe, maka tanaman tumpang sarinya bisa bayam, kangkung, atau sawi;
  • Tanaman pokok bayam, maka tanaman tumpang sarinya berupa kencur dan tanaman obat;
  • dan lain sebagainya.

Beberapa contoh di atas setidaknya yang paling sering dikerjakan petani ketika mereka menerapkan sistem pertanian tumpang sari. Namun, anda bisa mencoba dengan variasi lainnya agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas. Silakan pelajari juga referensi berikut ini: Manfaat Serta Kekurangan Bertanam dengan Sistem Tumpang Sari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *