Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Di era yang serba digital saat ini, pemanfaatan website untuk bisnis sangat penting sekali. Banyak perusahaan dan marketplace yang memanfaatkan website untuk jual beli, transaksi perbankan, transaksi online, pembuatan toko online dan lain sebagainya. Dengan adanya website sebenarnya cukup mempermudah para klien atau orang-orang untuk berinteraksi dan terhubung secara daring dengan penjual atau perusahaan.

Website vs Marketplace adalah sebuah sinergi yang tidak bisa terputus. Ini merupakan dua hal yang saling berkaitan sehingga dapat mendukung tumbuh kembang suatu bisnis tertentu. Bahkan saat ini sangat jarang ditemui sebuah perusahaan yang bergerak di bidang e-commers yang tidak memanfaatkan website untuk bisnis. Dan setiap perusahaan bisnis saat ini pasti memiliki website. Karena peran website begitu penting untuk branding perusahaan, meyakinkan konsumen (trust), menaikan jumlah penjualan produk, dan mempermudah dalam transaksi jual beli secara online.

Bahkan saya sendiri mempunyai pengalaman mensinergiskan website utama saya dengan website yang saya subdomain untuk dijadikan toko online yaitu berjualan bibit secara online. Kemudian untuk mengembangkan bisnis toko online tersebut saya menggunakan marketplace untuk mendukung kegiatan promosi produk bibit tanaman yang dijual di toko online milik sendiri. Saya berjualan bibit tanaman online dengan memanfaatkan subdomain dari domain utama website saya ini yaitu https://tipspetani.com/. Domain https://tipspetani.com/ ini terhosting di rumahweb.com. Adapun toko online bibit saya adalah https://toko.tipspetani.com/. Di toko online saya ini saya lebih fokus menjual bibit tanaman buah. Karena saat ini minat pasar untuk membeli bibit sangat tinggi.

Dengan adanya website yang disinergiskan dengan platform marketplace, saya bisa berjualan secara online di toko sendiri dan melalui perantaranya di situs marketplace ternama seperti contohnya lazada, bukalapak, shopee, dan lain sebagainya. Walaupun saya juga tetap membuka toko fisik yang sifatnya dikerjakan bersama dengan teman, di area kota Bandarlampung. Toko fisik yang saya miliki tersebut saya anggap sebagai toko offline, sehingga para pembeli yang lebih dekat dari lokasi jualan saya maka mereka bisa secara langsung datang, kemudian memilih bibit yang mereka mau, lalu terjadilah transaksi jual beli secara langsung.

Berbeda ketika saya berjualan dengan website (secara online), maka saya harus sebisa mungkin menyajikan macam-macam bibit tanaman yang saya jual melalui visualisasi gambar, deskripsi harga bibit, hingga bagaimana mengatur strategi marketing termasuk pemberian diskon untuk jenis bibit tanaman tertentu. Pekerjaan ini memang terbilang sulit-sulit gampang terutama bagi yang membangun toko online dan sinergisitas melalui situs marketplace secara mandiri. Berbeda ketika anda membuka toko online dengan memiliki banyak karyawan, maka pekerjaan akan lebih mudah sebab setiap karyawan bisa diberikan jobnya masing-masing. Dan sebagai petingginya, maka anda bisa memantau kinerja karyawan dan mengevaluasi target-target apa yang sudah mereka capai.

Memang dengan website, semua kegiatan jualan online akan semakin mudah. Produk bibit tanaman bisa saya foto, kemudian saya masukkan ke dalam katalog produk beserta harga dan deksripsinya. Selain itu, saya menyantumkan sejumlah testimoni dari para pelanggan dan atau pembeli. Testimoni ini sangat penting dalam website toko online, sebab akan membangun kepercayaan konsumen sebelum membeli produk yang ditawarkan. Cantumkan juga nomor handphone dan lokasi bibit didirikan karena akan menambah informasi bagi calon pembeli di toko online anda.

Untuk memanfaatkan website menjadi toko online dengan disinergiskan pada situs marketplace, maka saya akan berbagi pengalaman dengan anda yang hendak membangun toko online dan bisnis melalui situs marketplace.

Namun, saya akan menceritakan pengalaman saya, bahwa pertama kali saya membangun toko online karena saya ingin menyalurkan passion atau hobi saya seputar tanaman bibit.

Pada awalnya saya membangun website utama (https://tipspetani.com) yang dihosting di rumahweb.com. Karena saya memiliki kesempatan untuk membuat subdomain, maka saya buatkan subdomain untuk jual beli bibit tanaman, yaitu di alamat https://toko.tipspetani.com/.

Saya menjual apa saja tentang bibit tanaman di subdomain tersebut. Dan memang terbukti, saya beberapa kali mendapatkan order/pesanan bibit dari orang-orang yang belum pernah saya kenal. Mereka membeli produk bibit saya tersebut karena menemukan toko marketplace saya di halaman pencarian google (search engine). Dan memang beberapa produk yang saya jual terindeks di halaman satu atau dua search engine google tersebut.

Dan sebagai informasi kepada anda yang akan membangun toko online, bahwa semakin sering anda mengupload produk, dan disubmite di search console google, maka jika produk yang anda jual ada di halaman pertama google, maka peluang toko online dan produk yang anda jual akan semakin besar. Dengan begitu, toko online anda akan kebajiran order, sehingga penghasilan dari bisnis jualan di toko online akan mendapatkan keuntungan yang besar.

A. MEMBANGUN TOKO ONLINE DENGAN RUMAHWEB.COM

Untuk membangun website toko online, maka saya sarankan untuk memilih rumahweb.com sebagai tempat untuk pembelian domain dan hosting. Karena banyak sekali promo-promo menarik di rumahweb. Selain itu, di rumahweb.com juga tersedia banyak layanan yang dapat anda nikmati seperti domain murah, hosting unlimited, paket VPS, dan pembuatan email domain.

Dan berikut ini saya jelaskan langkah-langkah bagaimana cara sukses membuat toko online berbasis website khusus bagi pemula dengan membeli domain dan hosting di rumahweb.com.

  • Silakan anda akses situs website https://www.rumahweb.com/ , kemudian cari kolom untuk pencarian nama domain seperti gambar di bawah ini. Lalu masukkan domain yang ingin didaftarkan sesuai dengan bisnis anda. Misalnya bisnis anda tentang bibit tanaman, maka bisa membuat nama domain jualbibittanamanmurah.com. Namun, anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa domain tersebut telah tersedia dan bisa diregistrasi. Jika nama domain tersebut tidak bisa diregistrasi, maka sebaiknya anda mencoba kembali untuk nama domain lain sampai benar-benar bisa diregistrasi.
  • Setelah anda masukkan nama domain tadi, maka sistem akan mengecek apakah nama domain tersedia, namun untuk nama domain jualbibittanamanmurah.com tersedia dengan harga Rp. 145.000/tahun. Jika sudah yakin akan nama domain tersebut, maka silakan anda kemudian klik tombol Daftar untuk mendaftarkan domain tersebut.
  • Setelah anda mengklik tombol Daftar, maka anda akan diarahkan pada halaman dialog seperti di bawah ini, silakan anda pilih Lanjutkan jika hanya ingin membeli domain saja, namun jika anda ingin membeli hostingnya sekaligus, maka silakan tekan tombol/klik Gratis Jika Membeli Hosting. Saya anggap anda ingin membeli domain dan hosting maka, silakan klik tombol Gratis Jika Membeli Hosting. Saya sarankan juga aktifkan privacy protection and Managed Contact agar website anda lebih aman.
  • Setelah mengklik tombol Lanjutkan di atas, maka silakan anda pilih paket layanan, apakah hanya ingin membeli domain saja atau domain dan hosting, namun jika membeli domain dan hosting juga, maka silakan klik tombol ya ! Saya mau hosting juga. Sebagai informasi, bahwa pada waktu-waktu tertentu pihak rumahweb memberikan diskon besar-besaran hingga 40%, dan tentunya ini sangat bagus dan jangan sampai terlewatkan.
  • Setelah menentukan pilihan paket hosting seperti di atas, yaitu paket hosting 500 MB, dengan harga hosting perbulannya adalah 25.000, masih di halaman yang sama, maka sekarang silakan anda scroll atau gulir ke bawah untuk mengecek halaman Check out. Jadi di halaman review keranjang belanja anda ini adalah jumlah total biaya pembelian domain serta hosting yaitu senilai Rp. 341.000. Kemudian ceklish kotak berisi tulisan “Saya menyatakan telah menyetujui SLA, AUP, Perjanjian Layanan Web Hosting dan Kebijakan Privasi“. Kemudian klik tombol Check out untuk mendapatkan instruksi selanjutnya.
  • Setelah menekan tombol Check out, maka selanjutnya anda akan diinstruksikan untuk login terlebih dahulu menggunakan akun facebook, twitter, google+ atau daftar menggunakan email. Saya sarankan agar anda mendaftar menggunakan email saja. Maka silakan tekan tombol Daftar Menggunakan Email. Pastikan anda memasukkan email yang benar (valid) karena email nanti akan digunakan untuk login dan mendapatkan informasi seputar status pendaftaran domain dan hosting anda. Bahkan ketika ada kendala dalam hal pengaturan domain dan hosting anda bisa memanfaatkan email tersebut untuk meminta bantuan ke pihak rumah web.

Lalu kemudian anda isikan data-data diri anda secara lengkap, mulai dari email, nama depan, nama belakang, dan seterusnya. Ingat jangan sampai ada data yang palsu. Untuk menu password, maka silakan buat password yang panjang agar aman. Misalnya passwordnya dikombinasikan dengan angka dan huruf. Contoh password: WahidPriyono12345678910.

Setelah data di atas anda isi secara lengkap lalu klik tombol Submite.

  • Setelah anda menekan tombol Submite, anda akan dialihkan ke halaman dimana anda harus menentukan metode pembayaran domain dan hosting yang anda pesan. Silakan anda pilih apakah anda ingin menggunakan pembayaran instan atau dengan transfer bank. Saya sendiri biasanya memakai metode transfer bank. Misalnya anda menggunakan transfer bank, maka silakan klik tombol transfer bank, maka akan ada sejumlah layanan bank untuk pembayaran pesanan anda. Jika anda menggunakan bank BNI, maka klik lingkaran BNI, kemudian klik Transfer ke Rekening.

Selanjutnya anda gulir/scrool ke bawah, ceklish persetujuan layanan dan tekan tombol Check out.

  • Setelah klik tombol Checkout, maka selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman payment gateway, dimana disitu diberikan petunjuk untuk cara pembayaran pesanan, sehingga pesanan domain dan hosting segera diterima dan anda bisa mengelolanya. Jangan lupa lakukan konfirmasi pembayaran di hari yang sama ketika anda sudah melakukan pembayaran, supaya pesanan anda cepat diproses. Ingat semua informasi dari rumahweb terkait pesanan dan lainnya akan dikirim ke alamat email anda yang terdaftar. Jadi rutinlah untuk mengecek isi email masuk yang terdaftar saat anda menginput data-data diri di awal tadi.
  • Setelah anda selesai melakukan pembayaran via transfer Bank sesuai petunjuk dari pihak rumahweb, maka tunggu beberapa saat hingga anda mendapatkan pesan masuk di email yang terdaftar. Maka jika pesanan anda sudah sukses dan diterima, maka anda akan mendapatkan link login dan password yang dikirim dari pihak rumah web, selanjutnya ikuti petunjuk yang ada di dalam email. Sampai tahap ini maka pendaftaran anda telah selesai. Dan selamat anda telah mempunyai domain dan hosting yang telah terdaftar di rumahweb.com.

Catatan: Setelah anda mempunyai domain dan hosting, kini saatnya anda mengelola domain dan hosting anda di cPanel rumah web.

Saat akan masuk ke laman cPanel Rumah web, maka terlebih dahulu anda harus masuk ke laman client area.

Gambar di bawah ini merupakan contoh halaman client area untuk layanan domain dan hosting yang saya booking di rumahweb.com. Untuk masuk ke halaman ini anda harus login menggunakan email terdaftar saat registrasi di awal, serta memasukkan password yang telah anda tentukan sebelumnya ke alamat website https://clientzone.rumahweb.com/index.php . Tenang saja, jika anda lupa password, maka bisa mengirimkan “forgot password/lupa password” dengan memasukkan email terdaftar. Maka, secara otomatis sistem dari rumah web akan mengirimkan konfirmasi terkait permintaan reset password melalui email yang anda daftarkan tadi. Dengan begitu anda tidak kehilangan akses saat akan login ke halaman client area.

halaman utama (homepage) client area di layanan yang saya pesan.

Di halaman client area ini, maka saya dapat melihat layanan domain dan hosting yang saya beli, termasuk kapan masa aktif serta waktu jatuh tempo pembayaran domain dan hosting tersebut. Bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

beberapa nama domain dan hosting website yang saya pesan di rumahweb.com

Di halaman client zone, saya juga bisa masuk secara otomatis di halaman cPanel hanya dengan cara mengklik tombol “Active” di samping nama domain yang saya pesan. Di cPanel ini saya dapat mengelolah berbagai kepentingan seperti pengaturan domain, hosting, ataupun website, mengelola file manager, pembuatan subdomain, instalasi CMS (seperti CMS WordPress, CMS Drupal, Aura CMS, CMS Opencart, CMS Moodle, dan lain sebagainya).

contoh halaman cPanel untuk layanan website saya yang dihosting di rumahweb.com

Selain itu, setelah anda masuk ke laman cPanel berhasil, silakan anda juga dapat mengkonfigurasi CMS yang anda inginkan, misalnya anda akan menggunakan CMS wordpress, maka silakan instal CMS wordpress tersebut beserta theme/template blog, dan jangan lupa tentukan username dan password yang akan digunakan untuk login di halaman dasbord website anda.

Setelah selesai melakukan setting CMS, theme, serta username dan password, maka kini anda bisa login ke dasbord website anda dengan mengentikan nama domain anda diikuti dengan kata login. Contoh: jualbibittanamanmurah.com/login, maka anda akan diarahkan untuk mengisi halam login. Silakan masukkan nama pengguna dan kata sandi yang anda tentukan sebelumnya saat melakukan setting di cPanel untuk login ke halaman dasbord website anda tersebut. Setelah anda masuk ke halaman dasbord website anda, maka kini saatnya anda bisa menulis artikel di website anda dengan mengklik tombol “New Post“. Anda juga bisa mengganti template wordpress yang responsif melalui laman pengaturan di dasbord website anda tersebut.

Jadi memang sangat mudah sekali untuk melakukan semua kontrol panel di halaman cPanel di rumahweb. Namun, jika anda masih bingung terkait kendala ketika login, pengelolaan layanan domain dan hosting di cPanel, maka anda bisa menghubungi technical support di rumahweb.com (email: teknis@rumahweb.com). Para Customer Service di rumah web sangat ramah dan pastinya masalah anda akan dibantu hingga tuntas. Jangan ragu untuk bertanya jika memang anda memiliki kendala yang serius.

B. TIPS SUKSES MEMBANGUN SITUS TOKO ONLINE DAN SINERGISITAS DENGAN SITUS MASKETPLACE BAGI PEMULA

Untuk sukses membangun bisnis marketplace/toko online dengan memanfaatkan website, maka setidaknya ada 8 tips untuk teman-teman semua, yaitu sebagai berikut:

1. Mengenali Passion dan Berkomitmen Penuh

Setiap manusia pasti ditakdirkan Tuhan dengan passion tertentu. Passion ini sebenarnya bisa dipelajari atau dikembangkan. Misalnya passion anda suka berkebun atau bercocoktanam, maka mungkin anda bisa mengembangkan passion tersebut untuk berjualan bibit tanaman secara online, yang kemudian diintegrasikan dengan toko online berbasis website dan situs marketplace yang telah anda buat. Dan ternyata ketika anda bekerja sesuai passion maka anda akan merasa senang, karena tidak ada paksaan, dan tentunya akan bekerja secara all out. Pun ketika anda bekerja sesuai passion tentu tingkat kesuksesannya akan jauh lebih tinggi.

Saya sendiri memang sangat hobi menanam tanaman di samping rumah, di sawah atau kebun yang saya miliki, sehingga dengan passion yang saya miliki tersebut saya lalu membangun website https://tipspetani.com/ dan toko online bibit tanaman saya https://toko.tipspetani.com/. Di kedua website saya tersebut saya bebas menulis berbagai macam artikel tentang pertanian, serta berjualan bibit tanaman secara online. Semua itu saya kerjakan dengan sungguh-sungguh sesuai hobi/passion dan berharap website saya tersebut bisa memberikan manfaat kepada sesama.

Selain itu, dari website tersebut beberapa kali saya dihubungi oleh pengiklan (advertiser) yang ingin memasang produk pertanian mereka. Bahkan, dari Google AdSense saya juga sedikit mendapatkan rezeki dari bisnis google ini. Tentu sangat senang bukan? karena hobi kita dibayar. Hobi yang dibayar itu lebih mengasyikan ya?

2. Menyiapkan Modal

Awal pertama membangun website, saya mengawalinya dengan bermodal uang hasil dari kerja sebagai guru honorer di salah satu sekolah swasta di kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Uang gajian tersebut saya sisihkan sebagian untuk membeli domain dan hosting. Saya awalnya searching di google untuk mencari jasa layanan pembelian domain dan hosting. Dan dari review di google, maka banyak para rekan blogger yang merekomendasikan beli domain dan hosting di rumah web, lantas saya juga mengikuti rekomendasi dari mereka.

Saya kemudian membeli domain berbasis domain TLD berakhiran .com, saya membeli domain tersebut beserta hostingnya di layanan rumah web sejak tahun 2015. Dan hingga saat ini, semua website saya terhosting di rumah web. Selain itu, saya mempercayai rumah web sebagai layanan untuk membangun website dan toko online karena layanannya yang sangat prima. Selain itu, Customer Service (CS) sangat ramah, serius dalam menangani permasalahan pelanggan (klien). Cukup kita layangkan tiket atau chatting secara online dengan CS rumah web, maka semua problem kita akan diselesaikan dalam waktu yang cepat. Sungguh luar biasa, dan hingga sekarang saya puas dengan jasa dari rumah web.

Dulu saya punya uang 300 ribu lebih sudah bisa mendapatkan domain dan hosting 500 MB dari rumah web. Karena semakin banyak artikel yang saya produksi, maka bandwidth di hosting menjadi penuh dan situs sering error, maka saya mencoba menaikan bandwidth menjadi 1 GB. Dan saran saya untuk pemula yang baru akan membangun website sebaiknya membeli hosting cukup 500 MB terlebih dahulu, karena khawatirnya hostingnya akan sia-sia jika kita tidak mengisinya dengan tulisan-tulisan di website. Namun, nantinya jika memang tulisan-tulisan di website sudah banyak dan hosting perlu ditingkatkan menjadi 1 GB maka cukup mudah tinggal anda menghubungi Customer Service rumah web. Karena kapanpun kita butuh menaikkan bandwidth hosting pihak rumah web dengan senang hati akan melayani permintaan anda tersebut. Namun untuk masalah besar kecilnya hosting sebuah website tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu kebutuhan setiap perusahaan atau toko online masing-masing orang berbeda.

Selanjutnya untuk mengelolah website termasuk mengupdate artikelnya, saya menggunakan kuota internet di handphone android yang saya tethering ke laptop/komputer saya. Per bulan dengan paket 3G/4G kira-kira hanya menghabiskan dana 80.000 untuk pulsa yang kemudian saya konversi menjadi paket data internet. Namun, ini termasuk cukup hemat karena memang seharusnya kita memanfaatkan kuota internet untuk hal-hal positif yang menguntungkan. Bahkan, kuota internet dan modal yang saya keluarkan lebih sedikit daripada untung yang saya dapatkan. Itulah mengapa hingga 5 tahun lebih saya masih setia dengan rumah web dalam hal mendukung domain dan hosting saya untuk aktivitas blogging, membangun jejaring bisnis di situs marketplace, dan jual beli bibit tanaman secara online di website saya pribadi.

Selain membuka toko fisik bibit tanaman di kota Bandarlampung dengan teman, saya tidak ada modal lainnya selain di atas, untuk produk bibit yang saya jual saya menggunakan sistem dropship, jadi saya hanya menjual produk dari pelapak di daerah Lampung Timur yang merupakan sentra terbesar penangkaran bibit tanaman, dan kemudian saya hanya mengambil untung dari bibit yang saya jual. Jangankan itu, saya terima bersih, semua packing, pengiriman bibit via jasa kirim barang, dan lain sebagainya semua langsung diurus oleh pelapak tersebut. Jadi, sebenarnya berbisnis online itu mudah dan banyak caranya, tidak harus ada stok barang di rumah. Namun semua ini tergantung dari masing-masing individu atau perusahaan dalam pengaturan modal untuk produk yang dijual.

3. Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar ini sangat penting dilakukan untuk menjangkau bisnis atau usaha ke masyarakat luas. Target pasar untuk menjual produk bibit tanaman melalui website dan marketplace dapat ditinjau dari jenis kelamin atau kalangan ekonominya. Mungkin target pasar yang tepat untuk berbisnis bibit tanaman yaitu dari semua jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) dan untuk semua kelas ekonomi atas maupun menengah ke bawah. Karena biasanya orang-orang kota juga senang membeli bibit dari pelapak yang berasal dari desa seperti saya ini.

Target pasar lainnya yang patut dipertimbangkan yaitu tentang demografi pengguna (user) sebagai calon pembeli. Apakah bisnis anda ditujukan untuk orang-orang di daerah tertentu saja, skala nasional, atau dapat dijangkau hingga skala dunia (Internasional).

Tentunya masih banyak lagi hal-hal mendasar terkait dengan target pasar yang perlu diperhatikan secara detail. Sebab, memperhatikan prilaku pengguna juga penting sebagai faktor suksesnya website toko online yang dibangun.

4. Onlinekan Bisnis yang Ditekuni

Jika passion, modal, serta target pasar sudah disiapkan, kini saatnya mengonlinekan bisnis yang sedang anda jalani. Misalnya bisnis bibit tanaman yang sedang anda jalani tadi bisa dijual secara online yaitu menggunakan website atau situs marketplace yang di dalamnya terdapat lalu lintas pembeli dan penjual yang aktif bertransaksi.

Untuk memiliki website yang menunjang bisnis online anda, maka saya rekomendasikan anda memilih hosting murah dari RumahWeb. Untuk proses pendaftarannya sudah saya jelaskan pada sesi sebelumnya. Karena di RumahWeb anda bisa beli domain murah dan tentunya sangat berkualitas tinggi.

5. Bekerjalah Secara Profesional

Domain dan hosting kini telah anda daftarkan di Rumahweb.com, dan katakanlah anda sudah mempunyai website toko online. Maka kini saatnya anda bekerja secara profesional. Tugas anda sekarang adalah memberikan job deskripsi kepada karyawan anda. Sekarang, libatkan karyawan untuk mengelola website bisnis dan situs marketplace untuk penjual produk sesuai tugas mereka masing-masing. Jikalau website toko online tersebut anda kelola secara mandiri, maka luangkan waktu khusus yang terjadwal untuk mengupdate konten-konten/produk bibit tanaman yang hendak dijual.

Tugas karyawan harus secara kontinyu mengunggah produk yang dijual di website toko online anda. Misalnya jika toko online yang anda bangun untuk penjualan bibit tanaman buah, maka upload semua produk bibit tanaman buah ke dalam website tersebut. Jangan ragu jika hosting di website anda penuh, maka sewaktu-waktu bisa mengupgradenya ke tingkat yang lebih tinggi. Anda dapat memesan paket VPS di Rumah Web, tentunya dengan harga murah dan terjangkau. Dan jika ada pertanyaan atau kesulitan dalam setting paket VPS maka anda bisa menghubungi pihak Customer Service rumah web untuk penanganan secara teknis sehingga kendala anda dapat teratasi dengan tepat waktu.

6. Promosikan Bisnis Anda Ke Khalayak Luas

Website toko online dan jejaring situs marketplace yang telah anda bangun harus dipromosikan kepada masyarakat luas. Mengapa ini perlu dilakukan sebab bisnis tanpa promosi sama dengan bohong, karena tidak akan berjalan efektif, efisien, dan menguntungkan.

Promosi website bertujuan untuk mengenalkan produk anda, menjaring target pasar, membangun kepercayaan kepada konsumen (trust), keterikatan calon pembeli terhadap produk yang dijual (engagement), serta meningkatkan penjualan produk secara reguler. Bayangkan jika sebuah perusahaan atau usaha bisnis online tanpa dipromosikan, maka tidak ada satupun orang yang akan mengenal produk kita. Bahkan, yang terparah tidak ada konsumen yang membeli karena ibaratnya seperti kita berjualan di hutan, tidak ada satu orangpun yang memperdulikan kehadiran anda.

Promosi website saat ini dapat dilakukan dengan banyak cara, misalnya melalui iklan secara online misalnya dengan memanfaatkan Google Ads, Sosiago, Rajabacklik, Instagram Ads, Facebook Ads, Content Placement, dan mencari jasa backlink website untuk menaikkan power website di mata mesin pencari Google agar website bisnis yang kita bangun dapat mudah ditemukan calon pembeli di halaman pencarian Google.com, Bing, Yahoo, Yandex, dan lain sebagainya.

7. Memperkuat Branding Produk yang Dijual

Sebagai toko online dan marketplace, maka anda penting memberikan sesuatu hal yang berbeda kepada calon pembeli agar mereka tertarik untuk membeli produk yang anda sajikan di dalam website. Memperkuat branding produk yang dijual penting dilakukan, misalnya dengan cara memberikan harga-harga diskon (sale), kupon undian pembeli terbanyak, kupon gratis beli 3 gratis 1, flash sale, gratis 1 jika membeli produk bibit jenis X, misalnya, dan seterusnya. Dengan melakukan banyak promosi yang murah, serta harga jual terjangkau tentu ini memberikan daya tarik kepada masyarakat untuk membeli produk yang dijual lebih masif. Dan pada akhirnya, hal ini tentu saja akan meningkatkan omset dari bisnis/usaha yang sedang dijalankan.

Para pembeli ini sebenarnya ingin membeli suatu produk tertentu yang ditawarkan dengan harga murah, terjangkau dan pas dengan kantong mereka. Apalagi jika ongkos kirim (ongkir) untuk mengantarkan produk yang mereka pesan tersebut murah serta proses pengiriman yang cepat tentu sangat disukai konsumen. Selain itu, pengemasan produk (packing) yang rapih dan aman tentu sangat disukai konsumen saat berbelanja online di toko anda.

Jadi, memberikan yang terbaik kepada pembeli itu sangat penting, termasuk membalas cepat pesan inbox di Whatsapp ketika mereka menanyakan ketersediaan produk, cara pemesanan produk, atau bertanya tentang biaya ongkir saat akan pengiriman barang ke alamat pembeli.

Maka apapun yang konsumen inginkan harus direspon secepat mungkin termasuk pemberian kritik dan saran harus diterima sebagai feedback untuk semakin majunya bisnis yang sedang dijalani.

8. Mengevaluasi Produk yang Dijual

Evaluasi merupakan tahapan akhir ketika anda membangun toko online/marketplace melalui website. Evaluasi harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari sistem management perusahaan, banyaknya produk yang dijual, kinerja karyawan secara realtime, untung-rugi dari hasil penjualan dan lain sebagainya.

Penting juga melakukan evaluasi produk dengan cara mengecek berbagai hal seperti persaingan harga di pasaran, apakah produk yang dijual sudah cocok dengan harga produk dengan pangsa pasar, atau apakah produk yang dijual selama ini terjangkau dan diminati masyarakat luas. Selain itu, evaluasi lain bisa mengarah kepada kinerja karyawan. Kinerja karyawan dapat dilihat dari beberapa aspek krusial seperti seberapa aktif mereka bekerja, serta target-target besar apa yang telah dicapai oleh karyawan anda untuk mengembangkan bisnis yang telah anda bangun.

Dengan menerapakan kedelapan tips di atas, maka kini anda sudah tidak ragu lagi untuk memulai dan mengembangkan usaha anda untuk dijadikan sebagai marketplace terbesar yang sukses.

Kesimpulan dan Penutup:

Website dan Marketplace merupakan sinergisitas yang tidak dapat terpisahkan. Dengan adanya website maka seseorang dapat membangun usaha/bisnis online dan tentunya lebih mempermudah dalam hal promosi, memperkenalkan produk yang dijual, membangun branding perusahaan/bisnis, serta mampu meningkatkan omset bisnis yang sedang digeluti. Maka sudah saatnya kini setiap bisnis yang digeluti harus dionlinekan agar para calon pembeli lebih dipermudah dalam proses transaksi jual beli di toko online dan situs marketplace anda.

***

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR