Waktu Menyiram Cabe yang Baru Disemai (+4 HST)

Perawatan tanaman cabe yang tak boleh terlewatkan yaitu “penyiraman”. Penyiraman pada tanaman cabe memiliki beberapa tujuan yaitu agar tanaman cabe tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) pada bagian organ tanaman, mempercepat laju fotosintesis pada tanaman sebab fotosintesis pada tanaman membutuhkan air untuk proses fotolisis (pengubahan senyawa kimia air menjadi elektron H+ +1/2 O2. Selain itu, air juga berperan sebagai pelarut alamiah berbagai jenis enzim serta hormon pada tumbuhan (fitohormon) mencegah keguguran bunga dan buah, serta membuat supaya tanaman lebih sehat dan kuat.

Proses penyiraman pada tanaman cabe yang baru disemai (4 s.d 25 hst/hari sejak tanam) yakni dilakukan 1 kali penyiraman dalam sehari.  Waktu yang paling tepat untuk penyiraman tanaman cabe yang baru disemai yaitu pada waktu setelah magrib atau bisa pada waktu sore hari setelah shalat ashar. Pada waktu tersebut, intensitas cahaya matahari sudah menurun, sehingga tanah siap untuk dilembabkan dengan cara diberi air bersih.

Tanaman Cabe Masih Dalam Pembenihan

Tanaman Cabe Masih Dalam Pembenihan. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Cara penyiraman cabe yang ditanam di wadah pot polybag adalah dengan cara di siram secara tersebar dengan memastikan bahwa tanahnya menjadi lembab.

Pada umur 4 s.d 25 hst, biasanya bibit sudah ada di pot/wadah polybag dalam masa perawatan intensif sebelum nantinya tanaman muda dari polybag tersebut dipindahkan ke lahan terbuka (lahan bedengan bermulsa). Pada umur inilah, perawatan harus digencarkan, dan upayakan faktor penyiraman tidak boleh terlewatkan begitu saja, hal ini bertujuan agar kelembaban tanahnya terjaga serta laju pertumbuhan tanaman semakin membaik.

Setelah tanaman dipindahkan dari wadah polybag, maka pembesaran benih yang disemai dilakukan di lahan terbuka (bedengan bermulsa, dengan tujuan untuk menghasilkan tanaman dewasa dengan organ lengkap, termasuk buah cabenya lebat karena memang inilah tujuan dari bertani cabe supaya menghasilkan buah banyak.

Sebagai panduan untuk metode penyiraman tanaman cabe, silakan klik dan pelajari pada bagian berikut ini, klik: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *