Tujuan, Tempat, Proses, dan Hasil Sintesis Protein pada Eukariotik dan Prokariotik

Sintesis protein pada organisme berlangsung di tingkat sel. Organel sel yang berperan dalam melaksanakan kemampuan untuk sintesa protein yaitu ribosom. Secara struktur, ribosom memiliki dua sub unit, yakni ribosom sub unit besar dan ribosom sub unit kecil. Kedua jenis ribosom ini akan membantu dalam proses pencetakan asam-asam amino di daerah mRNA dan dibantu oleh tRNA dalam penerjemahan kodonnya.

Sintesis protein pada makhluk hidup prokariotik terjadi di suatu tempat yakni di sitoplasma (baik saat transkripsi DNA maupun saat translasi), sedangkan pada makhluk hidup eukariotik, sintesis proteinnya terjadi di nukleus (penerjemahan DNA menjadi mRNA/transkripsi DNA), dan translasinya terjadi di sitoplasma/sitosol.

Tanaman budidaya pertanian termasuk makhluk hidup eukariotik sebab mempunyai membran inti
Tanaman budidaya pertanian termasuk makhluk hidup eukariotik sebab mempunyai membran inti

Secara umum, proses sintesis protein pada makhluk hidup prokariotik dan eukariotik yaitu ada dua tahapan penting yakni transkripsi DNA dan Translasi. Pada tahap transkripsi, DNA double helix akan ditranskripsikan oleh enzim RNA polimerase sehingga menjadi satu untai mRNA. mRNA kemudian akan diikat oleh dua jenis ribosom sub unit besar dan kecil pada sisi-sisinya, dan kemudian datang tRNA yang akan membantu menerjemahkan kodon yang dibawa oleh mRNA hingga terbentuklah asam-asam amino (polipeptida).

Adapun tujuan dari sintesis protein yaitu untuk membentuk protein struktural dan protein fungsional. Protein struktural dimanfaatkan oleh tubuh organisme untuk pembentukan massa otot, tulang, penyegeraan tumbuhnya gigi, tulang, kuku, rambut setelah dipotong, dan lain sebagainya. Sementara itu, tujuan dibentuknya protein fungsional dari sintesis protein yaitu untuk pembentukan sperma, enzim, hormon, dan sebagainya.

Hasil dari sintesis protein adalah polipeptida dengan urutan asam-asam amino spesifik sesuai dengan triplet basa nitrogen yang dibawa oleh kodon mRNA.

PESAN SPONSOR