Tujuan, Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Pemasangan Mulsa dan Tiang Ajir Pada Lahan Bedengan

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam membudidaya cabe, baik ditanam di lahan bedengan terbuka, di dalam pot, maupun di dalam ember bekas, serta media tanam lainnya.

Akan tetapi, kebanyakan para petani cabe lebih memilih untuk menanam cabe di lahan bedengan yang dilengkapi dengan perangkat mulsa plastik berwarna perak serta tiang ajir sebagai penopang tanamannya.

Tanaman Cabe Berbuah Lebat dan Ditopang Oleh Tiang Ajir
Tanaman Cabe Berbuah Lebat dan Ditopang Oleh Tiang Ajir, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Kegunaan (manfaat, fungsi) dalam membudidaya cabe menggunakan mulsa plastik dan tiang ajir lebih besar berpeluang membuat tanaman cabe lebih berproduksi, sehingga hasil panen bisa lebih tinggi.

Adapun manfaat, kegunaan, fungsi, dan tujuan dari penggunaan mulsa plastik dan tiang ajir dalam budidaya cabe diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mulsa plastik dapat mempertahankan pH, kelembaban dan suhu tanah, sehingga tetap stabil dan cocok bagi pertumbuhan tanaman cabe;
  • Mulsa plastik dapat mengusir hama parasit yang ada pada pohon cabe, dengan cara memantulkan cahaya matahari dari permukaan mulsa ke bagian atas organ tanaman;
  • Penggunaan mulsa plastik bisa meningkatkan hasil pertanian cabe hingga 50%, atau bahkan lebih dibanding dengan tidak menggunakan mulsa.
  • Tiang ajir bisa digunakan sebagai penopang (cagak) bagi tanaman cabe agar tumbuh ke arah atas;
  • Tiang ajir berguna untuk menopang tanaman dari serangan hama parasit, cuaca ekstrem, atau angin kencang, dan lain-lain.
PESAN SPONSOR