Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Tujuan dan Cara Pelubangan Mulsa Plastik

Mulsa merupakan gawai/alat yang digunakan untuk menutupi lahan bedengan. Mulsa digunakan untuk tujuan agar struktur tanah di lahan bedengan semakin bagus, mencegah pertumbuhan dan perkembangan gulma, menjaga kelembaban tanah, mencegah terjadinya erosi permukaan tanah,serta meminimalisir munculnya hama dan penyakit pada tanaman.

Untuk menanam menggunakan mulsa plastik, maka para petani perlu memberikan lubang pada mulsa. Tentunya pembuatan lubang mulsa juga harus memperhatikan jarak tanam. Jadi jarak tanam tersebut harus diekspresikan dalam bentuk lubang tanam pada bagian mulsa.

menanam tomat dengan memanfaatkan mulsa plastik
menanam tomat dengan memanfaatkan mulsa plastik

Sebelum dilubangi, maka bagian mulsa plastik digelar pada permukaan atas lahan bedengan. Baru setelah itu, pelubangan dimulai dengan mengukur jarak tanamnya. Pada tanaman cabe serta tomat, misalnya, untuk pelubangan diberikan jarak tanam ideal kisaran 70-100 cm (sesuai kebutuhan masing-masing petani).

1. Cara Melubangi Mulsa Plastik Menggunakan Alat Khusus

Cara melubangi mulsa plastik dapat dilakukan dengan menggunakan alat khusus. Alat ini mempunyai bagian ujung pelubang yang berbentuk gerigi. Pelubang tersebut kemudian mempunyai mata pisau yang sangat tajam sehingga sehingga mampu melubangi mulsa dengan hasil cepat dan rapih. Adapun cara menggunakannya yaitu dengan menekan atau menancapkan alat tersebut ke arah plastik mulsa, kemudian putarlah. Maka mata pisau pun secara otomatis akan bergerak mengoyak ataupun memotong mulsa plastik tersebut secara melingkar.

2. Teknik Pelubangan Mulsa Plastik Menggunakan Kaleng

Cara/teknik/metode manual melubangi mulsa plastik dapat dilakukan dengan menggunakan kaleng bekas susu.

Tugas anda hanya menyiapkan beberapa kaleng bekas susu terlebih dahulu. Kemudian rapikan bagian tepi atas kaleng tersebut supaya nantinya mampu menghasilkan potongan yang seragam.

Berikutnya, kaleng-keleng ini dibakar supaya suhunya menjadi panas. Kaleng yang sudah panas kemudian diambil menggunakan alat penjepit makanan. Atau anda bisa memodifikasi kaleng dengan memasang pegangan terlebih dahulu.

Berikutnya, di bagian atas kaleng di tempelkan ke mulsa plastik beberapa detik. Mulsa plastik yang meleleh lalu ditempeli kaleng panas langsung akan berlubang secara sendirinya.

Kerjakan cara di atas secara cepat agar hasil potongannya rapih dan seragam.

Itulah tadi beberapa tujuan serta cara melubangi mulsa plastik yang baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi anda rekan-rekan petani yang mulia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR