Tanaman Cabe Butuh Sinar Matahari yang Cukup

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman cabe untuk melakukan proses fotosintesis menghasilkan makanan (glukosa) sebagai sumber energi bagi segala aktivitas sel hidup. Keberadaan sinar matahari sangat penting juga bagi tanaman cabe untuk tumbuh dan berkembang, serta mampu membuat tanaman untuk tidak mengalami gejala etiolasi.

Sejak masa pemindahan bibit cabe yang baru disemai ke wadah pot polibag, seterusnya hingga pemindahan bibit di lahan bedengan bermulsa, maka penting sekali untuk tanaman cabe mendapatkan penyinaran cahaya matahari selama 8-10 jam per hari. Walaupun intensitas cahaya matahari yang berlebih juga tidak bagus, namun tanaman cabe tentu saja secara fisiologis mampu mengatur semua aktivitas kehidupannya.

Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat

Mengimbangi dengan melakukan penyiraman sangat penting bagi pohon cabe yang baru saja dipindahkan di lahan terbuka/bedengan. Penyiraman tanaman cabe sebaiknya memakai air yang tidak tercemar limbah/pestisida, dan penyiraman juga penting untuk membantu dalam mempercepat laju fotosintesis tanaman, serta menjaga kelembaban tanah agar tetap terjaga secara baik.

Sehingga, memanglah tepat apabila tanaman cabe membutuhkan sinar matahari cukup sepanjang hari, sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai akan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *