Siklus Hidup Bryophyta (Tumbuhan Lumut)

Adapun siklus hidup dari divisi Bryophyta adalah :

  1. spora kecil haploid berkecambah menjadi protonema, memiliki kuncup-kuncup yang dapat tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan lumut.
  2. pada tumbuhan lumut inilah dibentuk gametangium.setelah sel dibuahi oleh spermatozoid,zigot berkembang menjadi embrio yang diploid.
  3. bagian bawah embrio disebut kaki, masuk ke jaringan tubuh yang lebih dalam dan berfungsi sebagai alat penghisap (haustorium .embrio lalu tumbuh menjadi badan bulat atau jorong dengan tangkai pendek atau panjang yang disebut sporangium.
  4. sporangium berbentuk spora, sehingga disebut juga kapsul spora. Karena leher arkegonium amat sempit, maka sporangium tidak dapat menembusnya dan bekas dinding arkegonium ikut terangkat dan merupakan tudung kapsul spora (kaliptra).
  5. jaringan dalam kapsul spora disebut arkespora, membentuk sel induk spora, dan dari satu sel induk spora membentuk empat spora yang berkelompok (tetrade).
  6. spora membulat sebelum terpisah-pisah dan terlepas dari kapsul spora. Dinding spora terdiri atas 2 lapisan, yaitu lapisan luar kuat disebut eksosporium, dan yang dalam lunak disebut endosporium. Jika spora berkecambah eksosporium pecah.

Sumber gambar: ilmusiana.

PESAN SPONSOR