Rhizobium leguminosarum

Rhizobium leguminosarum merupakan kelompok bakteri baik yang mampu memfiksasi nitrogen bebas (N2) di udara/atmosfer. Bakteri ini akan bersimbiosis dengan bintil akar tanaman kacang-kacangan (legume) dan membentuk nodul akar yang berisi bakteri tersebut. Bakteri Rhizobium leguminosarum ini berperan penting dalam keberlangsungan siklus nitrogen di alam.

Dalam beberapa kasus, tumbuhan tidak dapat langsung menggunakan nitrogen bebas di udara, namun harus diubah terlebih dahulu menjadi senyawa nitrat dan nitrit melalui siklus nitrogen. Pengubahan senyawa N2 menjadi nitrit dan nitrat membutuhkan peran bakteri tanah seperti Pseudomonas sp., Nitrosomonas sp., dan jenis lainnya. Senyawa nitrat baru akan bisa dipergunakan oleh tumbuhan.

Pohon Kacang Tunggak
Pohon Kacang Tunggak, (Dokumentasi foto oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)

Selain pemfiksasi nitrogen bebas, bakteri Rhizobium leguminosarum juga dipercaya dapat membantu menggemburkan tanah, sehingga lebih subur. Oleh sebab itulah, sesekali dalam waktu musim tanam tertentu penting sekali untuk menanam jenis tanaman kacang-kacangan, seperti buncis, kacang polong, kacang panjang, kacang tanah, kacang tunggak, dan lain sebagainya. Sebab, jenis tanaman legume tersebut dapat memicu munculnya banyak strain baru dari bakteri Rhizobium ini. Silakan baca juga: Jenis, Fungsi dan Peran Bakteri Untuk Tanah Pertanian Agar Bertambah Subur.

PESAN SPONSOR