Pupuk Kompos Jerami Padi Sangat Bagus Untuk Menyuburkan Tanaman Budidaya

Sebagai petani pasti mengerti dan paham dengan pupuk kompos jerami padi. Biasanya jerami pada akan mudah ditemukan saat sudah selesai panen padi. Jerami padi dibairkan ditumpuk dan kemudian dibakar atau ada yang tidak dibakar sehingga jika kelembaban di sekitarnya tinggi maka akan membusuk dengan sendirinya. Jerami yang lama kelamaan membusuk ini akan menjadi pupuk kompos organic yang bisa digunakan untuk memupuk tanaman agar subur dan cepat berbuah.

Untuk membuat pupuk organik/kompos dari jerami pada cukup mudah sekali. Caranya adalah tumpuklah beberapa bagian jerami padi secukupnya. Kemudian biarkan beberapa bulan (sekitar 3 bulan)  hingga bagian jeraminya membusuk dan menjadi seperti dedak. Setelah jeraminya matang menjadi kompos, lalu dapat diaplikasikan pada tanaman dengan cara diberikan pada tiap-tiap tanaman pada lahan tanam (bedengan).

Pupuk Kompos Jerami Padi
Pupuk Kompos dari Jerami Padi

Pupuk kompos dari jerami padi ini mengandung banyak hormone giberelin dan sitokinin yang mampu merangsang pertumbuhan benih, mempercepat pembelahan sel pada daerah titik tumbuh tanaman, merangsang pembentukan buah dan mempercepat pembungaan pada tanaman.

Selain mengandung sejumlah hormon penting, pada kompos jerami padi juga mengandung unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman seperti Nitrogen (N), Magnesium (Mg), Calsium (Ca), Kalium (K), Boron (B), Phosfor (P), dan lain sebagainya. Unsur hara ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk mengatur sistem regulasi dan metabolisme, pembentukan sejumlah enzim dan fitohormon pada tanaman.

PESAN SPONSOR