Pohon Jeruk Tumbuh/Ditanam Dari Biji, Apakah Bisa Berbuah Besar dan Manis?

Ada seorang teman petani yang bertanya kepada saya. Begini pertanyaan beliau:

“Pak Wahid saya mau nanya. Jeruk manis di samping rumah kan sudah mulai berbuah. Tapi pohonnya itu dulu tumbuh dari biji. Apakah buahnya bisa besar dan rasanya manis? Saya bingung……”

Rata-rata tanaman tahunan kita (Indonesia) hasil dari tanaman yang heterozigot yang diperbanyak menggunakan vegetatif (Klon), kalo pake Klon pasti sama antara indukan dengan klon perbanyakannya.

Lalu bagaimana kalau tanaman jeruk yang mungkin itu tanaman heterozigot dikembangbiakan secara generatif (biji)?

Jawabannya bisa jadi; random (lebih jelek), (sama), atau (lebih bagus)

Kenapa? karena heterozigot mempunyai susunan genetik yang belum stabil alel-alelnya jika diturunkan menggunakan biji karena proses penyerbukanlah yang membuat susunan genetik turunanya sulit di prediksi.

Untuk tanaman jeruk gimana? dalam kasus jeruk lebih baik ditunggu saja sampe buahnya besar, untuk melihat apakah tanaman jeruk dari biji tersebut ternyata bersifat; dominan (lebih baik), (sama), lebih jelek (resesif).

Kelebihan menanam jeruk yang menggunakan biji masa berbuahnya lama (25 tahun) dibandingkan klon (5-7 tahun saudah berbuah) dan harus replanting.

Tambahan: Kalau jeruk itu dari daerah dekat-dekat sini (daerah dataran rendah) aja kemungkinan memang gampang berbuah, tapi kalau jeruknya dari daerah yang iklimnya agak beda kemungkinan dia buah karena musim panas yg luar biasa terus hujan, jadi berbuahlah pohon jeruk yang ditanam dari biji tersebut.

pohon jeruk manis berbuah lebat
Pohon jeruk manis berbuah lebat hasil dari klon vegetatif (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.)

Lalu teman saya tersebut bertanya kembali: “Ada saran gak sebaiknya dikasih pupuk apa supaya kualitas buahnya mantap?”

Lalu saya menjawab: Tanaman jeruknya dikasih pupuk kandang yang sudah kering saja boleh, yang pasti jangan tanamannya jangan ditempatkan di lokasi yang keiyoman (tempat ternaung), harus terkena sinar matahari full sepanjang hari biar buahnya jos. Namun, untuk peningkatan kualitas buah perlu asupan kalium tinggi dan bisa didapat dari pupuk KCL dan pupuk kandang. Pupuk KCL dan pupuk kandang memang terbilang bagus untuk pohon jeruk, jadi DOSISnya untuk pohon jeruk dengan tinggi 1 meteran kasih 2 sendok makan + pupuk kandang 1 rantang. Atau bisa juga dosisnya KCL diganti dengan NPK mutiara lebih bagus 2 sendok makan aja. Semua pupuk dipendam di dalam tanah di sekitar akar jeruk supaya penyerapan unsur haranya lebih cepat.

PESAN SPONSOR