Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Petani Kampung Harus Bisa Menulis di Blog

Menulis merupakan ruh yang tak bisa ditandingi idenya. Menulis itu menyembuhkan. Maksudnya, bisa mengasah buah pikir seseorang untuk berkontribusi pada diri dan lingkungan sekitarnya. Bahkan seseorang yang sedang sedih, cemas, khawatir dan bimbang bisa sembuh dengan menulis.

Menulis itu adalah sebuah passion, sebab tidak semua orang mau menulis. Kalaupun mereka menulis, mungkin hanya sekedar iseng di sosial media (sosmed), dengan hanya ingin menerima umpan balik berupa sanjungan atau sekedar kata-kata biasa saja. Padahal, seni menulis tidak hanya seatas itu saja, namun dapat diciptakan melalui serentetan ide gemilang yang runut dan panjang. Sehingga dengan begitu semua orang akan mendapatkan hikmat dari apa yang disampaikan.

Sebagai seorang petani kampung, maka sejak tahun 2012 hingga sekarang ini saya sudah mulai aktif menulis di berbagai platform website saya seperti:

logo tipspetani.com
logo tipspetani.com

Ketiga situs di atas memang saya prioritaskan untuk membahas seputar ilmu pertanian apa saja yang saya tahu dan pelajari. Walaupun secara isi mungkin masih banyak kekurangan dan perlu perbaikan, namun saya tidak pernah untuk menyerah begitu saja. Saya terus berjuang untuk menuliskan apa saja yang ada di pikiran saya. Terkadang jika saya tidak ada ide menulis sama sekali, maka sejenak saya tinggalkan aktivitas menulis di blog sembari mencari ide sambil merenung, atau terinspirasi dengan tulisan atau motivasi sukses orang lain.

Dan saya berharap untuk semua para petani di kampung (dan mungkin yang tinggal di kota), mari bersama-sama untuk kita terus publikasikan di blog/website untuk hasil panen para petani, cara budidaya tanaman, penanganan hama dan penyakit, dan lain sebagainya. Sehingga dengan begitu, akan memberi banyak pencerahan, serta tips sukses sebagai petani untuk para pemula.

Saya sangat senang sekali bisa menulis banyak hal di situs/blog resmi saya yaitu tipspetani.com ini, dan begitu banyak apresiasi dari rekan-rekan petani di Indonesia agar website ini terus berkembang. Tanpa kemauan menulis secara terjadwal, maka mungkin website ini sudah tumbang dan tidak mampu menjadi sumber pengetahuan bersama bagi para petani. Ayo para rekan remaja, muda-mudi, bapak dan ibu tani untuk terus dan mau menulis di blog. #AyoMenulis #AyoLiterasi #AyoBanyakMembaca.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SPONSOR