Pengertian, Manfaat, dan Cara Memasang Tiang Ajir Pada Tanaman Cabai dan Tomat

Tanaman cabai maupun tomat yang tumbuh di lahan bedengan harus dirawat secara intensif dan terjadwal. Salah satu jenis perawatan tanaman cabai/tomat agar berkualitas yaitu dengan cara pemberian tiang ajir atau orang jawa mengatakan “tiang lanjaran”.

Pemberian tiang ajir ini bertujuan agar tanaman cabai/tomat tidak mudah roboh, memudahkan dalam proses fotosintesis tanaman, dan secara estetika terlihat lebih rapi dan sedap dipandang mata. Selain itu, tiang ajir bisa menjadi rambatan bagi sulur tanaman, misalnya pada tanaman waluh, mentimun, dan lainnya.

Tiang ajir/lanjaran biasanya terbuat dari batang pohon tertentu, atau bilah bambu yang dipotong-potong menyerupai pedang/tongkat, dengan panjang kira-kira 0,5 meter atau lebih (sesuai kebutuhan).

Tanaman Cabe Mulai Berbunga karena Terbebas Dari Gulma
Tanaman cabai diberi tiang ajir agar dapat tumbuh kembang secara optimal.

Aplikasi tiang ajir yaitu dengan cara ditancapkan di dekat tempat tumbuh tanaman. Setiap pohon cabai/tomat biasaya diberikan tiang ajir secara sendiri-sendiri (per tanaman). Tanaman yang sudah diberikan tiang ajir biasanya dilekatkan dekat tiang ajir dan kemudian diikat dengan tali rafia atau benang nilon yang dihubungkan dari satu tiang ajir ke tiang ajir berikutnya.

Manfaat pemberian tiang ajir pada tanaman cabai/tomat dan sejenisnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah tanaman cabe/tomat dari kerusakan akibat hujan deras yang disertai angin kencang, sehingga memungkinkan merusak bagian organ tanaman secara keseluruhan;
  • Memaksimalkan fungsi tumbuh-kembang tanaman secara optimal, sehingga memberikan kualitas pertumbuhan tanaman lebih baik;
  • Memberikan kesan rapih dan seragam bagi tanaman yang sedang tumbuh, sehingga enak dipandang;
  • Tiang ajir dapat dijadikan sebagai sarana bagi tanaman untuk bersandar, menopang organ tanaman agar tetap berdiri kokoh, misalnya sebagai tempat buahnya berkembang, atau tempat sulur menetap;
  • Agar tanaman tumbuh dengan mantap, kokoh dan tahan dari goncangan atau erosi tanah jika sewaktu-waktu lahan bedengan terkena hujan lebat.

Tentu saja, pemberian tiang ajir ini terlihat sepele, tapi jika diterapkan oleh bapak/ibu serta remaja tani secara baik di lahan cabe/tomat yang sedang dibudidaya, maka hasil panen akan jauh lebih optimal. Semoga informasi sederhana ini berguna untuk kita semuanya. Silakan baca juga sistem perawatan tanaman cabai berikut ini: Cara/Teknik Penyiangan dan Pendangiran Pada Tanaman Budidaya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR