Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Pengaruh Air Laut Untuk Kesehatan Bonsai Cemara Udang

Jika anda jalan-jalan (berlibur/berwisata) di pantai-pantai sekitaran daerah Krui-Pesisir Barat Lampung, maka anda akan menemukan banyak cemara udang yang tumbuh di atas bukit pinggir jalan raya yang dekat di pantai. Bahkan, di area pantai ada yang ditumbuhi cemara udang, tentu saja ini mempunyai nilai ekologi yang cukup tinggi.

Cemara udang mempunyai banyak manfaat ekologis, seperti pemecah ombak akibat abrasi air laut, menahan anginĀ  laut dan uap air laut yang mengandung garam sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan. Selain itu, limbah-limbah di sekitar pantai akan terkonservasi dengan baik karena adanya pohon cemara udang yang tumbuh di sekitarnya.

Bbit cemara udang ini ternyata dapat dijadikan bonsai. Bonsai cemara udang ini sangat unik dan harganya cukup mahal jika ditekuni sebagai bisni UMKM. Dan karena memang habitat asli pohon cemara udang di laut, maka dengan pemberian ari laut pada tanaman bonsai cemara udang tentu saja sangat baik untuk kesehatan tanaman secara menyeluruh.

Bonsai Cemara Udang Bentuk Sokan
Bonsai Cemara Udang Bentuk Sokan, (Wahid Priyono, S.Pd.)

Akar dan bagian organ tanaman cemara udang memang sudah adaptif dengan air laut. Dan memang kebanyakan garam pada tingkat organ justru dapat ditangani secara baik oleh tanaman ini. Maka tidak heran jika, banyak pembudidaya bonsai cemara udang yang beberapa kali waktu menyiram bonsai cemara ini dengan air laut. Dan memang terbukti tanaman cemara udang lebih sehat. Namun, memang akan sedikit kesulitan jika orang yang membeli bonsai tersebut dari tempat yang jauh dari pantai, sehingga untuk mendapatkan air lautnya sulit. Maka, ini bisa diakali dengan cara membuat larutan garam dapur untuk beberapa liter, kemudian disiramkan pada tanaman bonsai cemara udang. Silakan anda praktekan, semoga cara ini berhasil dan memang sudah terbukti dari apa yang pernah saya kerjakan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR