Pemupukan Jeruk Lemon dengan Pupuk Kandang Agar Berbuah Lebat

Perawatan tanaman jeruk lemon tidak hanya sebatas penyiraman, pendangiran, penyiangan, dan pengendalian hama dan serta penyakit saja. Akan tetapi, dalam pemupukan tanaman lemon juga penting sebagai kunci sukses agar buahnya lebat. Pemupukan sebagai bagian dari perawatan tanaman juga tidak terlepas dari faktor penentu kesuburan tanaman. Jika pemupukan dilakukan secara intensif, maka tanaman lemon akan subur dan menghasilkan buah dengan ukuran ideal dan disukai konsumen di pasaran.

Bibit jeruk lemon
Pohon jeruk lemon berbuah lebat dengan pupuk kandang yang difermentasikan terlebih dahulu.

Sebenarnya pemupukan jeruk lemon bisa dilakukan dengan cara pemberian pupuk kimia (anorganik) dan pupuk kandang (organik). Jenis pupuk kimia tambahan yang sebaiknya diberikan untuk lemon yakni urea, phonska, TSP, dan KCL yang diberikan per 1 bulan sekali (untuk tanaman umur 1 tahun). Namun untuk pohon lemon dengan umur di bawah 1 tahun, sebaiknya bisa lebih difokuskan untuk diberikan pupuk kandang. Dan pupuk kandang yang saya rekomendasikan yakni pupuk kotoran ayam dan sapi yang sudah difermentasikan terlebih dahulu.

Adapun cara melakukan fermentasi untuk pupuk kandang dari kotoran sapi atau ayam yakni sebagai berikut:

  • Buatlah lubang di dalam tanah dengan ukuran p x l x t = 2 meter x 2 meter x 200 cm;
  • Pada lubang yang dibuat, maka letakan plastik terpal di bagian dasar dan sisi-sisi lubang yang dibuat;
  • Masukkan kotoran sapi/ayam ke dalam lubang yang sudah dilapisi terpal/plastik transparan;
  • Tutup rapat lubang dengan papan atau terpal lain yang tersisa;
  • Setelah ditutup, biarkanlah kotoran ternak terfermentasi selama kurang lebih 1 s.d 3 bulan;
  • Dalam waktu kurang lebih 1 s.d 3 bulan, maka kotoran ayam/sapi tersebut telah terfermentasi dengan sempurna oleh bakteri sehingga dihasilkan pupuk organik dari kotoran ternak yang berkualitas;
  • Setelah diangkat dari lubang, maka kotoran ternak bisa diaplikasikan dengan cara ditabur di sekitar tanaman lemon. Beberapa petani mengaplikasikannya dengan cara dipendam di dalam tanah yang dekat dengan pohon melon yang sedang tumbuh dan menghasilkan bunga/berbuah.

Semoga dengan cara yang saya ulas di atas, maka hasil perkebunan lemon yang saudara budidaya bisa berproduksi lebih banyak buahnya. Salam berkebun lemon. Sukses selalu.

PESAN SPONSOR