Bibit Jeruk Manis

JUAL BIBIT TANAMAN ONLINE

Dapatkan informasi harga bibit tanaman murah terbaru di Indonesia.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi yang Diminati Para Prakerja

Sambil menikmati secangkir kopi, yuk simak ulasan tentang pelatihan Barista dan usaha warung kopi berikut ini.

DISCLAIMER: Jika anda belum menyedu kopi saya sarankan pergi ke dapur dulu, saya kasih jedah waktu 10 menit untuk menyedu kopi supaya ketika baca artikel di bawah ini sambil santai dan gak ngantuk, oke?

Biar fokus gan !!!!!

Jika Sudah Kita Mulai Ya Ulasannya….

Taukah anda bahwa pelatihan barista dan usaha warung kopi merupakan jenis bisnis yang termasuk paling diminati oleh para prakerja?. Pelatihan ini ada di program kartu prakerja yang dicetuskan oleh pemerintah di era Bapak Joko Widodo. Dan tentunya, pelatihan barista dan usaha warung kopi ini benar-benar dikagumi oleh para peserta Kartu Prakerja. Jumlah pendaftarnya cukup fantastik.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Seperti dilansir dari Situs Resmi prakerja, bahwa Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

kartu prakerja

Para Prakerja yang tergabung dan resmi terdaftar sebagai anggota di program Kartu Prakerja ini akan mendapatkan sertifikat dan insentif jika telah menyelesaikan pelatihan baik online maupun offline.

Sasaran Kartu Prakerja untuk Siapa?

Adapun sasaran dari Kartu Prakerja yaitu untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang berumur di atas 18 tahun, sedang tidak menempuh pendidikan formal, bagi pencari kerja, atau pekerja di bidang usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19 ini.

Tujuan Program Kartu Prakerja

Berikut ini tujuan dari program Kartu Prakerja diantaranya adalah:

  • Memberi peluang usaha bagi masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan pekerjaan (pengangguran);
  • Menciptakan lapangan kerja baru melalui pelatihan-pelatihan yang diajarkan oleh tutor berpengalaman kepada peserta prakerja;
  • Setelah mengikuti pelatihan diharapkan peserta prakerja mampu menciptakan bisnis baru yang berguna bagi dirinya dan masyarakat sekitar;
  • Pengembangan usaha kerakyatan (mikro bisnis);
  • Mendorong masyarakat untuk mau bekerja dan memulai bisnis yang berpotensi sukses;
  • Mengurangi pengangguran dan dampak ter-PHK-nya para pekerja di sektor formal maupun informal. Sebab, dampak dari pandemi Corona ini sangat terasa dan memengaruhi sektor formal dan informal. Dilansir dari situs kompas.com, disebutkan bahwa setidaknya ada total 1,9 juta pekerja di-PHK dan dirumahkan akibat pandemi virus corona. Dari rincian total tersebut, pekerja terdampak corona di sektor formal yang di-PHK ada 229.789 orang. Sementara itu yang dirumahkan ada 1.270.367 orang. Sehingga total pekerja terdampak di sektor formal ada 1.500.156 orang dari 83.546 perusahaan. Selain itu, sektor informal juga terdampak. Sebanyak 443.760 orang dari 30.794 perusahaan di-PHK. Saya coba buat persentasenya pada diagram di bawah ini.

Sehingga dari adanya program Kartu Prakerja yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia tentu saja sangat membantu seluruh lapisan masyrakat yang terdampak ter-PHK karena pandemi Covid-19, bagi masyarakat sedang membutuhkan motivasi, semangat dan referensi usaha/bisnis yang cocok sesuai passion mereka.

Bagaimana Cara Mendaftar Kartu Prakerja?

Setiap Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendaftar program Kartu Prakerja, maka bisa mendaftarkan dirinya di laman resmi https://www.prakerja.go.id/, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Silakan akses website prakerja berikut: https://www.prakerja.go.id/
  2. Pada laman utama situs prakerja tersebut, klik menu Daftar
  3. Masukkan nama lengkap, email, password, lalu klik daftar;
  4. Periksa email untuk verifikasi akun yang sudah dibuat;
  5. Setelah terdaftar, masuk ke dasbord akunmu, lalu verifikasikan KTP;
  6. Lengkapi juga data diri beserta foto KTP dan swafoto dengan KTP-mu;
  7. Lakukan juga verifikasi nomor ponsel , lalu tekan kirim;
  8. Tunggu hingga nanti ada ada pesan SMS ke nomor ponselmu tentang kode OTP, salin dan masukkan. Lalu klik verifikasi;
  9. Isikan form pertanyaan pendaftar sampai selesai;
  10. Selanjutnya lakukan uji/tes motivasi dan kemampuan dasar;
  11. Setelah melakukan tes di atas, tunggu hasilnya hingga sekitar 5-10 menit;
  12. Pilih seleksi gelombang sesuai domisilimu;
  13. Setelah semua proses di atas selesai, kini silakan tunggu saja nanti ada email pemberitahuan apakah kamu lolos seleksi atau tidak.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi untuk Para Prakerja (Merdeka Barista By The Bencoolen Coffee)

Dilansir dari situs resmi https://bencoolencoffee.com/, bahwa Bencoolen coffee sendiri merupakan brand perusahaan yang didirikan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Usaha ini membantu pemerintah dalam mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir dan membuatnya lebih mudah bagi pemerintah untuk mengontrol hasil perkebunan kopi.

The Bencoolen Coffee mengelola kopi berkualitas dan jujur untuk menarik konsumen yang akan membeli kopi petani sesuai dengan mekanisme yang dikelola oleh The Bencoolen Coffee, diantaranya:

  • Stock Kopi: Jaminan pasokan kopi berasal dari Bengkulu dan Provinsi lain penghasil kopi berkualitas di Indonesia;
  • Kualitas Kopi: The Bencoolen Coffee memiliki pengalaman pengelolaan kopi dan proses kopi, hal ini memberikan jaminan kualitas kopi;
  • Pelatihan dan Usaha Kopi: Memiliki pusat pelatihan Barista dan usaha skala kecil guna mencetak peracik kopi terampil dan wirausaha kopi;
  • Pemasaran kopi: Memiliki banyak mitra dan suplai bubuk kopi serta pendampingan usaha kopi.
sumber gambar dari tangkapan layar di situs bencoolencoffee.com

Untuk mencegah dampak buruk Covid-19 terhadap sektor perekonomian, maka saat pemerintah melalui kartu prakerja bekerjasama dengan Bencoolen Coffee memberikan pelatihan tentang bagaimana kiat sukses berbisnis warung kopi. Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan barista.

Menurut Muhammad Sufyan Sallam seperti dilansir dari situs elibrary.unicom.ac.id, bahwa pengertian dari Pelatihan barista merupakan jenis pelatihan dari lembaga pendidikan non-formal yang memfasilitasi kegiatan belajar mengajar tentang kopi, dalam waktu yang singkat untuk mempelajari teori dan keterampilan barista mulai dari pengetahuan tentang kopi sampai proses pembuatannya dengan berbagai kategori kelas dan berbagai fasilitas pendukung.

Dan pelatihan barista untuk bisnis warung kopi ini termasuk yang paling banyak diminati oleh para prakerja yang terdaftar di Kartu Prakerja. Dan tentunya bagi anda pemilik kartu prakerja, jangan lewatkan untuk mendaftar program pelatihan Barista dari The Bencoolen Coffee karena banyak sekali keunggulan yang dapat anda peroleh untuk menjadi Barista handal sehingga mampu membuka usaha warung kopi.

Pelatihan yang diberikan oleh tim Bencoolen Coffee kepada para peserta prakerja tentu saja bukan main-main, karena usaha warung kopi ini peluang suksesnya sangat besar. Mengingat saat ini gaya hidup milenial yang sering lembur dan butuh minum kopi untuk menemani kegiatan begadang menyelesaikan tugas, atau untuk sekedar ngopi bareng temen-temen sambil nongkrong-nongkrong membahas bisnis dan lain sebagainya.

Dilansir dari situs resmi https://prakerja.bencoolencoffee.com/ , ada banyak manfaat jika anda mengikuti pelatihan barista dari bencoolen coffee, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengetahuan Kopi: Anda akan mendapatkan pelatihan dalam mengetahui karakteristik dan jenis KOPI JUJUR. Mengetahui jenis kopi, menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi, dan penjelasan tugas profesi barista;
  • Memahami Kebutuhan Menjadi Barista: Selain dari pemahaman dari jenis kopi tapi juga memahami karakteristik kopi dan cara meracik kopi, memberikan pelatihan, pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang Barista;
  • Barista Handal: Anda akan diberikan tips dan trik dalam meracik kopi standar barista. Anda akan mendapatkan pemahaman dan apresiasi serta memiliki wawasan yang lebih baik tentang rasa dan aroma kopi;
  • Wirausaha Warung Kopi: Anda akan diberikan pelatihan dalam membuka Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian dengan modal minim. Dimana anda bisa membuka kedai kopi di daerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau, namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Ada tiga jenis paket pelatihan barista yang dapat anda nikmati, yakni paket menjadi barista pemula, usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim, dan outlet warung kopi.

Untuk paket pelatihan barista usaha warung kopi dengan tutornya Bencoolen Coffee, silakan dapat dicek di mitra kartu prakerja seperti Skill Academy, Kemnaker, serta Maubelajarapa.

Cara Menjadi Barista Idaman by The Bencoolen Coffee

Adapun cara Menjadi Barista Idaman by Bencoolen Coffee yang saya rangkum sebagai berikut:

  • Perhatikan Kebersihan: Sebagai Barista maka menjaga kebersihan diri, lingkungan warung kopi dan peralatan kopi sangat penting guna menjaga kepuasan pelanggan;
  • Berusaha Akrab dengan Pelanggan: Menjadi Barista harus akrab dengan semua orang sebab inia dalah teknik marketting yang tepat agar para langganan tetap betah di kedai atau usaha warung kopi yang didirikan. Tentu saja dengan keramahanmu itu pengunjung bisa menjadi pembeli yang loyal;
  • Tanyakan Rasa Kopi Buatanmu: Sebagai bagian dari Barista tidak perlu malu untuk menanyakan kopi buatanmu kepada pelanggan yang mencobanya. Jika kritiknya kurang puas maka perlu diperbaiki, tapi jika sebaliknya kritiknya bagus harus lebih ditingkatkan lagi kompetensinya;
  • Saling Berbagi Pengetahuan Tentang Kopi: Membuka obrolan dengan pelanggan tentang pengetahuan seputar kopi juga penting. Hal ini tentu saja untuk menambah wawasan sebagai Barista. Dan tentu saja dengan begitu sebagai Barista akan semakin tahu selera kopi dari masing-masing pelanggan. Ini juga ada kaitannya dengan mengenal target pasar yang tepat sesuai selera kopi yang mereka inginkan;
  • Terus Belajar dan Melakukan yang Terbaik: Jika ingin menadi Barista handal dan profesional tentu saja harus terus banyak belajar tentang seluk-beluk kopi, cara penyajian, dan cita rasa atau aroma yang bisa disukai pelanggan. Melakukan yang terbaik saat menyedu kopi, serta menciptakan perpaduan rasa kopi yang manis dan asam mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan yang menyukai variasi rasa kopi yang beragam.

Membuka Usaha Warung Kopi Ala-Ala Barista Merdeka

Setelah mengikuti program pelatihan ala Barista by Bencoolen Coffee, maka ilmu yang didapat dari hasil pelatihan tentu saja tidak boleh hanya disimpan saja. Tentu saja, setiap para prakerja yang sudah menjadi barista harus mampu menekuni dan membuka bisnis usaha warung kopi agar menghasilkan.

Kalau kata almarhum BOB SADINO, pengusaha asal Lampung yang ketika menanggapi pertanyaan dari orang lain tentang bisnis apa yang bagus?, lalu beliau menjawab bahwa bisnis yang bagus itu adalah bisnis yang dibuka, bukan ditanyakan terus.

Jujur saja, Bob Sadino ini merupakan panutan saya yang super heroik dalam membuka usaha/bisnis apapun. Ia merupakan motivator sekaligus pebisnis sukses asal Lampung yang pernah saya ikuti kegiatan seminar-seminar beliau.

Motivasi nyentrik yang kerap ia lontarkan kepada semua orang tentu saja bikin orang lain semakin melek dan ingin mengikuti jejak beliau dam hal membuka usaha apapun itu, termasuk usaha warung kopi yang dimotori oleh Bencoolen Coffee.

Berbicara tentang membuka usaha warung kopi bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan dan dimanapun ia berada. Usaha ini terbilang minimalis dengan modal usaha yang tidak banyak namun bagus dan berprospek tinggi untuk menarik target pasar yang luas, khususnya di kalangan milenial.

Di pelatihan yang diberikan oleh The Bencoolen Coffee tentu saja menginginkan para Barista untuk mengembangkan usaha warung kopi ini di daerah tempat tinggalnya masing-masing. Dan ini tentu bisa menjadi peluang bagus karena saat ini usaha kedai/warung kopi masih sedikit, dan jika dimanfaatkan dengan baik tentu bisa menguntungkan.

Berikut ini beberapa tips memulai bisnis kedai kopi bagi pemula by The Bencoolen Coffee:

  • Modal: Modal satu juta pun cukup untuk memulai bisnis kedai kopi. Menurut pemaparan Irfan Rahadian Sudiyana, owner Kiwari Coffee menyebutkan bahwa untuk modal itu tergantung. Dalam bisnis kedai kopiitu sebenarnya modalnya hanya dua yaitu kopi dan air (panas) saja, seperti yang dikutip dari situs resmi The Bencoolen Coffee.
  • Target Konsumen: Tentukan target konsumer yang tepat apakah kelas menengah ke bawah atau menengah ke atas. Jika target pasar/konsumer menengah ke atas tentu saja kualitas kopi harus melebihi kopi bubuk yang seperti dijual di pasaran. Sebagai informasi bahwa, Coffeeland merupakan salah satu supplier kopi yang menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop/Kedai Kopi. Hanya dengan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5 juta, maka anda sudah bisa membuka usaha bisnis kopi sendiri;
  • Konsep Bisnis yang Tepat. Untuk menghindari persaingan bisnis kopi, maka anda harus membuat konsep yang kuat. Sebagai contoh, jika anda mengusung konsep minimalis, maka menu kopi yang dibuat juga harus berkonsep minimalis. Apapun konsep yang dibuat, tentu saja anda harus mengedepankan kenyamanan. Apalagi, kebanyakan orang menikmati kopi untuk bersantai;
  • Lokasi Bisnis: Lokasi yang strategis saat membuka usaha warung kopi adalah penentu berkembangnya usaha anda tersebut. Tentu saja lokasi kedai/warung kopi harus mudah dijangkau orang, dekat dengan keramaian. Konsep kedai kopi yang anda buat bisa seperti kafe, serta lokasinya bisa berdekatan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya;
  • Promosi Bisnis: Untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas, anda harus melakukan promosi bisnis. Strategi promosi bisa menggunakan informasi mulut ke mulut (word of mouth), me-review kedai kopi milik anda melalui social media, atau memberikan harga diskon kepada konsumer pada hari-hari tertentu seperti ulang tahun, tahun baru, natal, dan lain sebagainya. Selain promosi bisnis, anda juga harus terus berinovasi untuk terus mempertahankan eksistensi kedai kopi dan mengembangkan bisnis.

Begitulah tips dan trik membuka usaha kedai/warung kopi ala-ala Barista merdeka. Dan tentunya bagi anda yang sudah mengikuti pelatihan dari The Bencoolen Coffee di program Kartu Prakerja, maka kini saatnya melebarkan sayap bisnis untuk terjun berwirausaha kedai kopi.

Tuangkan semua potensi yang ada, dan teruslah maju dan berkembang dalam bidang bisnis apapun itu. Bisnis warung kopi salah satunya yang bisa ditekuni.

*****

Artikel ini diikutsertakan dalam Bencoolen Coffee Blog Competition 2020. Semoga apa yang sudah saya tulis di atas dapat bermanfaat untuk para pembaca yang hendak membuka usaha kedai/warung kopi.

Sumber Referensi Pendukung:

NomorSumber Pustaka
1.Kartu Prakerja. 2020. Tersedia secara online di situs https://www.prakerja.go.id/ . Diakses pada hari Jumat, 19 Juni 2020, pukul 11:32 WIB.
2.RadarJowo. 2016. Lucunya Memulai Bisnis. Tersedia secara online di situs https://radardjowo.blogspot.com/2016/03/lucunya-memulai-bisnis.html. Diakses pada hari Jumat, 19 Juni 2020, pukul 11:40 WIB.
3.The Bencoolen Coffe. 2020. Tersedia secara online di situs https://prakerja.bencoolencoffee.com/
4.The Bencoolen Coffe. 2020. Tips Jitu Menjadi Barista Idaman. Tersedia secara online di situs https://prakerja.bencoolencoffee.com/2020/04/15/dua-vokalis-element-reunion-band-mendonasikan-lagu-buka-hatimu-dunia-dukung-aksi-1-juta-cup-kopi-jujur/ . Diakses pada hari Jumat, 19 Juni 2020, pukul 21.38 WIB.
5.The Bencoolen Coffe. 2020. Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula. Tersedia secara online di situs https://prakerja.bencoolencoffee.com/2020/04/14/air-asia-donasi-1-000-cup-dan-25-bag-roasted-bean-dukung-aksi-1-juta-cup-kopi-jujur/ . Diakses pada hari Jumat, 19 Juni 2020, pukul 21.48 WIB.
6. Sallam, Muhammad Sufyan. Pelatihan Barista di Bandung. Tersedia Secara Online di Situs https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2175/13/UNIKOM_MUHAMMAD%20SUFYAAN%20SALLAM_BAB%20II.pdf. Diakses pada hari Jumat, 19 Juni 2020, pukul 22.04 WIB.
7.sumber gambar dari tangkapan layar di situs https://bencoolencoffee.com
8.Olah grafis oleh Wahid Priyono

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SPONSOR